Aksi Heroik Yonmarhanlan IV Evakuasi Korban Robohnya Pasar KUD Tanjungpinang

Aksi heroik dilakukan oleh sejumlah personil Yonmarhanlan IV Evakuasi Korban Robohnya Pasar KUD Tanjungpinang . ist
Aksi heroik dilakukan oleh sejumlah personil Yonmarhanlan IV Evakuasi Korban Robohnya Pasar KUD Tanjungpinang . ist

Detak News, TANJUNGPINANG – Dalam rangka menindak lanjuti perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono khususnya butir ke enam yakni, “Jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaanโ€ dan butir ke tujuh โ€œJaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi.

Tim siaga bencana alam Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjungpinang dipimpin Letnan Dua Marinir Syahdodi membawa satu peleton pasukan Gurita Perkasa membantu evakuasi korban peristiwa robohnya Pasar KUD kota Tanjungpinang, provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (5/3/2022).

Bacaan Lainnya

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB pada saat aktifitas jual beli di pasar ikan sedang berlangsung dan pasar dalam keadaan ramai pengunjung. Korban personel tiga ibu-ibu dan dua orang anak-anak sudah dibawa ke RSUD Kota Tanjungpinang untuk penanganan medis, korban material beberapa kendaraan bermotor jatuh ke laut serta bangunan dan barang lapak ikan yang roboh hancur.

Selanjutnya demi keamanan dan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang membahayakan, sementara pasar di tutup dan dipasang police-line.

Personel Yonmarhanlan IV Gabungan yang melaksanakan evakuasi sekitar 50 personel terdiri dari Tim Siaga Bencana Alam Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Yonmarhanlan IV, Pom Lantamal IV, Babinpotmar dan personel Posmat Senggarang yang gotong royong, bahu membahu dengan FKPD Kota Tanjungpinang, gabungan TNI dan Polri, BPBD Kota Tanjungpinang, Basarnas TPI, Polres dan Polsek Tanjungpinang serta aparat Kelurahan Kota Tanjungpinang dan Masyarakat sekitar.

Sementara itu Danyonmarhanlan IV Letkol Marinir Kemal Mahdar ditempat yang berbeda, menyampaikan turut prihatin terhadap korban musibah tersebut ย dan juga memberikan apsresiasi yang membanggakan terhadap keberhasilan tim siaga bencana alam Yonmarhanlan IV gabungan Lantamal IV dan instansi terkait yang telah berhasil melakukan tugasnya dengan tanggap dan cepat melaksanakan evakuasi, sehingga dapat meminimalisir korban jiwa. (r)

Pos terkait