Batam Tuan Rumah MTQH X Kepri, Jefridin Ingatkan Sukses Penyelenggaraan dan Prestasi

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid (tengah) memimpin rapat persiapan Batam Tuan Rumah MTQH Kepri 2024. foto mc
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid (tengah) memimpin rapat persiapan Batam Tuan Rumah MTQH Kepri 2024. foto mc
Detak News, BATAM – Sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Al Qur’an dan Hadist (MTQH) X Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mulai melakukan persiapan.
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. memimpin Rapat Koordinasi Pelaksana MTQH X Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2024 di Ruang Rapat Hang Nadim lantai IV Kantor Wali Kota Batam, Rabu (17/04/2024), untuk persiapan teknis.
“Tahun ini Kota Batam diamanahkan oleh Provinsi Kepri untuk menyelenggarakan MTQH X Tingkat Provinsi Kepri tahun 2024. Waktu pelaksanaan dari tanggal 20 sampai 27 Mei 2024 di Dataran Engku Putri. Tinggal satu bulan lagi, walaupun Kita berpengalaman, tapi persiapan perencanaan itu penting,” ujarnya selaku Ketua Pelaksana MTQH Tingkat Provinsi Kepri.
Menyampaikan pesan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, sebagai tuan rumah, Batam harus sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Sukses penyelenggaraan indikatornya adalah, tidak ada komplain dari kafillah di tujuh Kabupaten/Kota. Sukses prestasi, jika sebelumnya Batam sebagai juara umum maka pada MTQH Tingkat Provinsi Kepri tahun ini juga harus menjadi juara umum kembali.
“Jangan sampai ada komplain baik dari peserta maupun pengunjung. Untuk itu penyelenggaraan harus betul-betul dipersiapkan dengan matang,” jelasnya.
Melalui rapat tersebut diketahui bahwa Pemko Batam telah menyusun surat keputusan kepanitiaan pelaksanaan MTQH X Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2024. Kepada masing-masing penanggungjawab diminta untuk bertanggungjawab pada tugas yang diberikan. Rangkaian acara MTQH dimulai dari pawai ta’aruf, malam ta’aruf, Defile dan Musda LPTQ.
Adapun golongan yang dilombakan yakni Cabamg Seni Al Qur’an dan Qira’at Al Qur’an, Cabang Hafalan Al Qur’an 1 juz dan 5 juz Tilawah, Cabang Hafalan Al Qur’an 10, 20 dan 30 juz dan Tafsir, Cabang Seni Kaligrafi Al Qur’an, Cabang Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an, Cabang Musabaqoh Hafalan Al Hadist, Cabang Fahmil Qur’an dan Cabang Syarhil Qur’an.
“Tadi telah dibahas lokasi dilaksanakannya masing-masing cabang lomba. Masing-masing penangungjawab harap berkoordinasi terkait perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan lomba, sehingga lomba berjalan lancar,” pesannya.
Asisten Pemerintahan dan Kesra, Yusfa Hendri menegaskan bahwa ini merupakan event terbesar dan berharap penyelenggaraan MTQH Tingkat Provinsi Kepri di Kota Batam ini menjadi penyelenggaraan terbaik MTQH di Provinsi Kepri. Untuk itu kepada penanggungjawab yang ditunjuk betul-betul bertanggungjawab.
“Event ini bukan hanya agenda Bagian Kesra saja, melainkan tanggungjawab seluruh Perangkat Daerah. Untuk itu kepada seluruh Perangkat Daerah yang sudah ditunjuk laksanakan tugas sesuai yang diamanahkan melalui SK,” pesannya. (*)

Pos terkait