Prajurit Yonmarhanlan IV Laksanakan Donor Darah

Satu persatu personil Yonmarhanlan IV Tanjungpinang mengambil bagian dalam acara donor darah. Ist
Satu persatu personil Yonmarhanlan IV Tanjungpinang mengambil bagian dalam acara donor darah. Ist

Detak News, TANJUNGPINANG – Dalam rangka program Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Universitas Raja Ali Haji, segenap prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tpi laksanakan donor darah yang berlangsung di Sei Carang Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Minggu (19/10/2021).

Kegiatan yang bertemakan Donate blood to be a hero ini diadakan oleh panitia generasi korps sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit Umrah, generasi muda Kepulauan Riau dan himpunan mahasiswa Teknik Elektro.

Bacaan Lainnya

Donor darah adalah merupakan tindakan perikemanusiaan hubungan antar sesama dan sangat banyak manfaatnya disamping berguna bagi kesehatan pendonor, setetes darah yang disumbangkan kepada orang lain yang membutuhkan sangat berarti untuk pertolongan jiwa manusia dan juga merupakan wujud kepedulian terhadap sesama.

Ditengah pandemi Covid-19, Tujuan pelaksanaan kegiatan Donor Darah ini adalah untuk membantu PMI dalam penyedian cadangan darah yang berada di Bank Darah dimana saat ini stok yang ada sangat terbatas.

Manfaat lain dari donor darah yakni dengan melakukan donor darah, bisa membantu memperlancar aliran darah, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri. Ada penelitian yang mengatakan jika rutin mendonorkan darah bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung sampai 88 persen.

Serta membuat tubuh kamu jarang terkena sakit dan terhindar dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Dengan rutin melakukan donor darah, kamu pun bisa menjaga kadar zat besi dalam darah tetap normal.

Komndan Yonmarhanlan IV Tpi Letkol Marinir Kemal Mahdar, S.H.,M.Tr.Opsla saat di konfirmasi menyampaikan sangat memprihatinkan tengah pandemi Covid-19, penyedian cadangan darah yang berada di Banker Darah PMI kota Tanjungpinang saat ini stok yang ada sangat terbatas, sedangkan kebutuhan darah di kota Tanjungpinang sangat rutin di butuhkan.

“Sebagai aparat Negara, hal ini menjadi kewajiban yang harus kita penuhi dalam 8 wajib TNI,” ujar Danyon. (r)

Pos terkait