Menuju 9 Desember, Relawan dan Tim INSANI Latih dan Bekali Saksi

Detaknews.co.id, Natuna – Relawan dan Tim dari pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Kepri nomor urut dua, Isdianto โ€“ Suryani (INSANI) gelar pelatihan dan pembekalan saksi tempat pemungutan suara (TPS) wilayah Natuna, Rabu (2/12/20).

Pelatihan dilaksanakan di Ranai dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

Bacaan Lainnya

Kordinator Wilayah Bidang tabulasi Data dan Saksi, Agus Saputra menjelaskan, saksi-saksi di rekrut dari partai koalisi dan relawan saat ini sudah memenuhi kuota.

โ€œKami akan bekerja keras semaksimal mungkin untuk kemenangan Insani pada 9 Desember 2020. Kami sudah siap ‘berperang’ dengan pelatihan saksi ini, untuk data dan segala macam tidak kami sebutkan yang jelas kami sudah siap,โ€ kata Agus.

Saksi yang disiapkan untuk Natuna jumlah TPS yaitu sebanyak 170 TPS dan saksi Kordinator tersebar di 15 Kecamatan.

โ€œKami tekankan pada saksi terutama untuk mengamankan data C1 yang ada di TPS, kita harus amankan dan dapatkan C1 itu, dan kami sudah sangat siap,โ€ terangnya.

Saksi diambil dari partai koalisi, relawan yang tergabung dalam tim INSANI Setiap saksi Insani adalah orang โ€“ orang yang memang berdomisili di TPS mereka bertugas dan memiliki hak suara untuk memilih.

โ€œJadi saksi itu warga RT setempat, TPS untuk mengamankan suara kami, dan dipastikan sesuai domisili, meski tetangga RT tidak boleh,โ€ katanya.

Agus juga tegaskan, saksi wajib hukumnya memilih insani, jangan sampai ada saksi tidak memilih. Karena memang saksi yang di rekrut adalah yang berumur minimal 17 tahun keatas dan telah memiliki hak suara.

Saksi insani wajib mengikuti pelatihan dan pembekalan, setiap saksi akan diberikan mandat dan sebelum H-1 pencoblosan surat mandat tersebut sudah diterima di TPS masing โ€“ masing.

โ€œTidak hanya di Natuna, saksi saat ini juga sudah terbentuk disetiap kabupaten dan Kota di wilayah Kepri,โ€ katanya.

Agus menambahkan, karena sebagian besar saksi diambil dari koalisi partai dan relawan Insani sebelum bertugas pada tanggal 9 Desember 2020 mereka juga membantu mensosialisasikan Paslon Isdianto- Suryani untuk menghimpun suara. (rilis)

Pos terkait