Elektabilitas Tertinggi, Iman Sutiawan: Bukti Pak Prabowo Dicintai Masyarakat

Deklarasi bersama Keluarga Besar Partai Gerindra Provinsi Kepri mendukung penuh Prabowo Subianto sebagai Capres dan siap memenangkan Prabowo Subianto sebagai Presiden 2024 mendatang. foto Ayunus
Deklarasi bersama Keluarga Besar Partai Gerindra Provinsi Kepri mendukung penuh Prabowo Subianto sebagai Capres dan siap memenangkan Prabowo Subianto sebagai Presiden 2024 mendatang. foto Ayunus

Detak News, BATAM – Hasil survey dari Litbang Sin Po yang menempatkan Prabowo Subianto sebagai kandidat Calon Presiden (Capres) dengan elektabilitas tertingi, mendapat sambutan hangat dari pengurus dan kader Partai Gerindra dari berbagai daerah.

Ketua Partai Gerindra Provinsi Kepri, Iman Sutiawan kepada media ini, Kamis (22/6/2022), mengatakan bahwa hasil jajak pendapat yang menempatkan Ketua Umumnya di posisi nomor wahid tersebut dimaknai bahwa Prabowo masih dicintai masyarakat Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Ini bukti bahwa pak Prabowo Subianto dicintai masyarakat, bukan hanya pengurus ada kader Gerindra,” ungkap Iman.

Kecintaan masyarakat tersebut, menurutnya, tak lepas dari kinerja baik yang ditunjukkan oleh Ketumnya sebagai Menteri Pertahanan (Penpan). Sebab menurutnya hingga saat ini yang bersangkutan sendiri belum pernah turun langsung ke masyarakat sebagai bakal Capres apalagi memperkenalkan diri sebagai Capres.

“Intinya kami berterimakasih ke masyarakat Indonesia, kami memaknai ini sebagai awal yang baik untuk terus meneruskan perjuangan bersama pengurus dan kader Partai Gerindra di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia tidak ingin masyarakat terpaku pada hasil survei yang fluktuatif. Karena menurutnya besaran elektabilitas setiap kandidat dapat berubah kapanpun bahkan pada saat survei berlangsung.

Sebelumnya, Kepala Peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus, mengatakan bahwa politik nasional sejauh ini sudah menghasilkan beberapa peta koalisi. Diantaranya, koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Semut Merah, terbaru, kunjungan Ketum PKB Muhaimin Iskandar ke Ketum Gerindra, Prabowo Subianto yang menghasilkan jargon koalisi “Kebangkitan Indonesia Raya”.

Kendati demikian elektabilitas sejumlah nama bersaing ketat menuju agenda pilpres 2024 mendatang. Nama Prabowo Subianto menurut Syahrial berkibar di urutan teratas diantara para capres lainnya.

“Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas sebesar 28,1%. Disusul Ganjar Pranowo sebesar 19,4%, Anies Baswedan 14,7%. Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 5,9%, Ridwan Kamil sebesar 4,5%, Sandiaga S Uno sebesar 2,8%, Puan Maharani 2,5%, Muhaimin Iskandar 1,4%, Susi Pudjiastuti 1,3%, Erick Tohir 0,8%,” kata Syahrial Mayus dalam keterangannya, di Jakarta (20/6/2022).

Untuk diketahui, pengumpulan data survei ini dilakukan dalam rentang waktu 20 Mei 2022 – 3 Juni 2022. Dengan metode sampling: multistage random sampling dengan margin of error plus minus 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95,0%. Jumlah sampel survei sebanyak 1.200 responden.

Sekedar update, bahwa jajaran DPD dan DPC kabupaten Kota se-Provinsi Kepri telah mendeklarasikan diri siap memenangkan Ketua Umumnya Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. Hal tersebut dideklarasikan bersempena dengan Rakorda DPD Gerindra Kepri di Kabupaten Bintan bulan Mei lalu.

“Kami tidak bermasukd mendahului adanya keputusan resmi dari Ketum kami, tetapi kami ingin menunjukkan bahwa kami dari jajaran pengurus dan kader partai Gerindra se-Provinsi Kepri siap turun ke masyarakat untuk memenangkan Ketum kami sebagai Capres terbaik saat ini,” pungkas Iman. (ays)

Pos terkait