Pemkab Nias Usulkan 231 Orang Kuota CPNS 2019

Nias – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengajukan usulan kuota sebanyak 231 orang untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Kepala BKD Kabupaten Nias, Marulam Sianturi mengatakan, usulan kuota CPNS sedang dalam tahap proses evaluasi di pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) di Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Kita dari Pemkab Nias sudah mengusulkan kuota sebanyak 231 CPNS untuk penerimaan akhir tahun ini. Mengenai petunjuk selanjutnya ditunggu informasi dari pusat. Termasuk kapan pelaksanannya belum tau,” ujar Kepala BKD Kabupaten Nias, Marulam Sianturi.

Marulam juga belum bisa memastikan usulan kuota 231 disetujui seluruhnya atau tidak. “Sebab baru kita tau nanti kepastiannya tanggal 17 Oktober 2019 kita diundang,” imbuhnya.

Dijelaskan Marulam, adapun kuota 231 itu yang telah diusulkan rencananya bakal lebih banyak untuk tenaga pendidikan (guru) dan kesehatan.

Dari data BKD, saat ini jumlah PNS aktif di seluruh lingkup Pemerintah Kabupaten Nias ada sekitar 2.843 orang. Marulam perkirakan, jumlah pensiunan setiap tahun sekitar 100 orang.

Namun menurut Marulam, usulan kuota CPNS bukan berdasarkan banyaknya pensiunan setiap tahun melainkan hasil analisa jabatan di masing masing dinas menjadi bahan usul kuota CPNS.

Ditambahkan Marulam, sebagai informasi ada 4 kabupaten dan kota yang mengusulkan kuota CPNS tahun ini. Yakni, Kabupaten Nias, Kota Gunungsitoli, Nias Barat dan Nias Utara.

( Mb/DT)

Pos terkait