Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946 di Batam Dihadiri Lintas Tokoh Agama

Sekda Batam, Jefridin Hamid bersama tokoh lintas Agama Batam hadir dalam perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946 kota Batam. foto ays
Sekda Batam, Jefridin Hamid bersama tokoh lintas Agama Batam hadir dalam perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1946 kota Batam. foto ays

Detak News, BATAM – Perayaan Dharma Santi Nyepi tahun Baru Saka 1946 di Hotel Swissbell Harbourbay Batam, Kepulauan Riau, Minggu (21/4/2024), yang digelar oleh Umat Hindu Kota Batam berlangsung penuh hikmat dan dihadiri para tokoh agama yang ada di Batam.

Diantara tokoh agama yang terlihat hadir, Kepala Kantor Kemenag Kota Batam Zulkarnain, Tokoh Tionghoa Asmin Patros, Tokoh Kristiani Romo Pascalis, dan sejumlah tokoh agama lain yang pada kesempatan tersebut juga mendapatkan cinderamata dari panitia pelaksana Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946.

Bacaan Lainnya

Walikota Batam yang diwakili oleh Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan bahwa indeks kerukunan beragama di Kota Batam terbaik di Indonesia, dan menjadi salah satu pedopang pembangunan di Batam. Dan hal ini menjadikan menorehkan pertumbuhan ekonomi tahun 2024 ini di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

“Indek kerukunan beragama di Kota Batam terbaik di Indonesia, dan ini bisa kita lihat pada berbagai perayaan, termasuk pelaksanaan Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946 ini,” ungkap Jefridin Hamid.

Sekda Batam, Jefridin Hamid didampingi pantia memberikan penjelasan ke awak media terkait pelaksanaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1946. foto ays
Sekda Batam, Jefridin Hamid didampingi pantia memberikan penjelasan ke awak media terkait pelaksanaan Dharma Santi Tahun Baru Saka 1946. foto ays

Pada kesempatan itu, Jefridin Hamid juga menaruh harapan pelaksanaan Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946 ini bisa memberikan kedamaian dan kerukunan bagi Umat Hindu sebagaimana disampaikan ketua panitia dan pengurus PHDI dari pusat.

Terakhir ia menaruh harapan keberadaan Umat Hindu di Batam bisa terus berkolaborasi dengan Pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Pembangunan di Kota Batam.

“Kiranya bisa mengaplikasikan kehidupan yang lebih baik kedepannya dan menjadi sebuah kekompakan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, khususnya turut ikut membangun yang kini menjadi Kota Batam Baru,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dharmasanti Nyepi Tahun Baru Saka 1946, I Nyoman Gede Surya Mataram mengatakan bahwa Hari Nyepi Saka jatuh pada 11 Maret lalu. Dalam perayaannya hari ini, Minggu (21/04/2024) bertepatan dengan hari Kartini, makanya mengambil tema Sat Cit Ananda untuk Indonesia Jaya.

“Sat Cit Anda yang artinya untuk menerangi jiwa manusia bisa jaya dan maju, dengan harapan tahun 2024 Indonesia bisa lebih baik lagi,” ungkap I Nyoman Gede Surya Mataram yang juga menjabat sebagai Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepri.

Dalam kesempatan itu, I Nyoman Gede menaruh harapan perayaan ini akan terus dilaksanakan setiap tahun sebagai momen silaturahmi serta wujud toleransi yang patut dijunjung tinggi.

Turut hadir, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, Kepala DPRD Kota Batam Nuryanto, anggota DPRD Kepri Asmin Patros, Kepala Kejaksaan Negeri Batam I Ketut Krisna Dedi serta pejabat yang mewakili instansi lainnya.

Perayaan Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946 ini diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya lomba, kemudian penambilan tarian dan juga pemberian cinderamata kepada tokoh lintas agama. (dbs/ays)

Pos terkait