Ramon Damora Juara Pertama Lomba Baca Puisi Wartawan-Penyair se-Indonesia

Detak News, JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan PWI Kepri, Ramon Damora, keluar sebagai juara pertama Lomba Baca Puisi Wartawan-Penyair se-Indonesia.

Lomba yang digelar di selasar Candi Bentar, Putri Duyung Cottage, Ancol, tadi malam (18/2) diikuti 30-an peserta dari hampir semua perwakilan PWI seluruh tanah air.

Bacaan Lainnya

“Lomba Baca Puisi Wartawan-Penyair se-Indonesia ditaja untuk menyemarakkan dan memberi makna lebih dalam pada hajatan Hari Pers Nasional 2024 yang dipusatkan di Ancol,” kata Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, yang juga dikenal sebagai penyair lulusan Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Sebelum lomba baca puisi dimulai, Hendry Ch Bangun lebih dulu menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Puisi Audio Visual HPN 2024. Lomba tingkat nasional ini ditaja sebulan terakhir melalui pengiriman video dan diikuti puluhan peserta.

Hasilnya, Adnan Guntur dari Surabaya terpilih sebagai juara pertama. Disusul Sri Ayu Pradnya dari Bali dan Sihar Ramses Simatupang dari Jakarta sebagai pemenang kedua dan ketiga.

Bakal Digelar di Taman Ismail Marzuki

Kembali ke Lomba Baca Puisi Wartawan-Penyair. Ramon Damora tampil sebagai peserta dengan nomor urut 11.

Ia membawakan puisi ‘Requiem Maritim’ dari buku kumpulan puisi tunggalnya yang berjudul ‘Benang Bekas Sungai’.

“mendengar laut sedang sekarat
kami menjenguknya silih berganti…nelayan mengira telah menggenggam lembut jemari laut, padahal mereka sedang memagut dayung sampan lukanya sendiri,” ujarnya lantang.

Di belakang panggung, Ramon mengatakan bersyukur dipercaya Dewan Juri sebagai yang terbaik. Tapi itu tentu bukan segalanya.

Kehangatan silaturahmi bertemu rekan-rekan dan senior sesama wartawan yang juga tunak di dunia kepenyairan baginya merupakan sesuatu yang tak ternilai.

Sementara itu, Wakil Sekjen I PWI Pusat Raja Parlindungan Pane menambahkan, besarnya antusiasme wartawan-penyair yang hadir di HPN 2024 dalam mengikuti lomba ini menggoda PWI Pusat untuk menggarapnya dengan format yang jauh lebih serius.

“Kita berencana dalam waktu dekat menggelar lomba serupa di TIM (Taman Ismail Marzuki), dengan format lebih akbar dan melibatkan semua pemangku kepentingan dunia kepenyairan dan kewartawanan,” kata Raja Pane.

Berikut daftar lengkap pemenang Lomba Baca Puisi Wartawan-Penyair se-Indonesia: Juara 1 Ramon Damora, juara 2 Rida K Liamsi, juara 3 Abby R Rasyid, juara Harapan 1 Novi, juara Harapan 2 Zulpen Zuhri.***

Pos terkait