IPSI Cup V, Koni Batam: Wujudkan Konsitensi Pembinaan Prestasi

plt Ketua Umum KONI Batam, Rinaldi Samjaya memberikan sambutan dalam pembukaan IPSI Cup V Kota Batam. foto ays
plt Ketua Umum KONI Batam, Rinaldi Samjaya memberikan sambutan dalam pembukaan IPSI Cup V Kota Batam. foto ays

Detak News, BATAM – Pelaksanaan IPSI Cup V tahun 2023, yang digelar oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Batam mendapat apresiasi dan terima kasih dari Pemangku Keolahragaan di Kota Batam. Diantaranya apresiasi dari Plt Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KONI) Batam Rinaldi Samjaya, dari Sekda Batam Jefridin Hamid dan Kadispora Batam Zulkarnaen.

Plt Ketua KONI Batam, Rinaldi Samjaya dalam sambutannya menyebutkan bahwa pelaksanaan IPSI Cup V yang digelar oleh IPSI Batam sebagai wujud konsistensi pembinaan olahraga yang dilakukan oleh Cabor. Dan menurutnya konsistensi ini harus ditiru oleh Cabor lainnya sebagai tanggungjawab bersama melakukan pembinaan prestasi olahraga di Batam.

Bacaan Lainnya

“Apa yang dilakukan oleh IPSI Batam ini adalah wujud konsistensi pembinaan olahraga, dan ini patut ditiru oleh semua Cabor yang ada di Batam sebagai upaya membina prestasi atlet,” ungkap Rinaldi dalam acara pembukaan IPSI Cup V Kota Batam yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid melalui pemukulan gong.

Sekda Batam, Jefridin Hamid memukul gong menandai pembukaan IPSI CUP V tahun 2023. foto ays
Sekda Batam, Jefridin Hamid memukul gong menandai pembukaan IPSI CUP V tahun 2023. foto ays

Pelaksanaan kejuaran secara rutin, lanjut pria yang akrap disapa Aldi ini, menandakan bahwa organisasi Cabor berjalan dengan baik. Terlebih, kata Aldi, saat ini sudah bernaung 34 perguruan silat dibawa IPSI Batam.

“Yang lebih fantastis lagi, ada 10 ribu lebih jiwa yang tergabung dalam keluarga besar IPSI Batam,” ungkap Aldi.

Apresiasi lainnya, IPSI kota Batam telah berkontribusi pada pelaksanaan Porprov Kepri tahun 2022 lalu dengan menyumbang 11 medali emas. Serta meloloskan atletnya ke PON Aceh Sumut sekaligus menambah jumlah Cabor yang lolos ke PON.

“Meski demikian terkait dana hibah dari Pemerintah melalui KONI Batam harus dimaklumi, karena anggaran diberikan secara proporsional ke Cabor,” pungkas Aldi.

Apresiasi yang sama disampaikan oleh Sekdako Batam, Jefridin Hamid, disebutkan bahwa pelaksanaan IPSI Cup V Kota Batam ini sejalan dengan seruan Walikota Batam, Muhammad Rudi bahwa setiap elemen harus bisa menggairahkan Batam melalui kegiatan yang digelar, dan menurutnya pelaksanaan IPSI Cup di salah satu pusat perbelanjaan telah menggairah Batam.

“Kita berharap pelaksanaan ini ikut berkontribusi menggerakkan ekonomi di Mall, dan ini kita harapkan juga menambah peluang PAD Batam,” ungkap Jefridin.

“Semoga dengan peningkatan ekonomi ini bisa terus menambah PAD Batam sehingga bisa menambah anggaran olahraga di Kota Batam, tidak lagi Rp3 miliar, tetapi Rp30 miliar sesuai harapan kita bersama,” ungkapnya bersemangat.

Ketua Pengkot IPSI Batam, Hendrik dalam sambutannya mengaku terseok-seok dalam melaksanakan kegiatan, namun ia tetap konsisten demi menghidupkan olahraga. Ia merincikan bahwa pelaksanaan Kejurkot menghabiskan anggaran kurang lebih Rp120 juta, namun dana dari Pemerintah melalui KONI Batam hanya Rp30 juta.

“Kita mendapatkan support dari KONI Batam nilai Rp30 juta, sementara kita menghabiskan anggaran Rp120 juta, tapi harus kita syukuri dan kejuaran rutin harus kita gelar dengan cara apapun. Karenanya saya sebagai Ketua harus menalangi dulu, nanti kita cari kekurangannya secara sama-sama,” terangnya.

Ia memaklumi karena pada tahun anggaran sebelumnya IPSI Kota Batam mengembalikan sejumlah anggaran, sehingga dinilai itu menjadi salah satu alasan kenapa anggaran tahun 2023 ini mengalami penyusutan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Batam Nuryanto, Kadispora Batam Zulkarnain, Kapolresta Batam yang diwakili AKBP Sudirman, Ketua Granat Batam Syamsul Paloh, Kabid KONI Batam Daru Nugroho dan segenap insan olahraga Kota Batam. (ays)

Pos terkait