Peduli Pendidikan, Irwansyah Fasilitasi Penyerahan Proposal Permohonan USB Warga Tj. Uncang ke Disdik Kepri

Anggota DPRD Provinsi Kepri, DR H Irwansyah (batik peci) didampingi oleh segenap ketua RT RW Tanjung Uncang, Batuaji menyerahkan proposal permohonan pembangunan USB SMA ke Disdik Kepri. Foto ays
Anggota DPRD Provinsi Kepri, DR H Irwansyah (batik peci) didampingi oleh segenap ketua RT RW Tanjung Uncang, Batuaji menyerahkan proposal permohonan pembangunan USB SMA ke Disdik Kepri. Foto ays

Detak News, BATAM – Anggota DPRD Kepri, DR H Irwansyah SE MM terus berupaya memfasilitasi terpenuhinya fasilitas sekolah bagi masyarakat,Parlagutan Mora Oloan Siregar alias Mora, Tokoh Masyarakat Tanjung Uncang sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan pendidikan.

Salah satu langkah yang dilakukan, politisi senior PPP Provinsi Kepri ini memfasilitasi penyerahan proposal permohonan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) masyarakat Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam ke Kancab Disdik Provinsi Kepri di Kota Batam, Kasdianto, Senin (12/6/2023) sore di restoran S-One Sagulung, Kota Batam.

Bacaan Lainnya

“Sore ini kita pertemukan langsung masyarakat Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji yang diwakili oleh Ketua RT RW dan tokoh masyarakatnya dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri yang diwakili oleh pak Kadianto mewakili Kadisdik Provinsi Kepri. Mudah-mudahan pertemuan ini mempercepat pembangunan gedung SMA di Kelurahan Tanjung Uncang, Batu Aji yang sudah lama dinanti masyarakat,” ungkap Irwansyah dalam sambutannya.

Disampaikan bahwa penyerahan proposal secara simbolis ini merupakan permohonan masyarakat Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam ke Gubernur Provinsi Kepri melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. Proposal tersebut sebagai tindak lanjut atas permohonan masyarakat Tanjung Uncang 4 tahun lalu namun sampai saat ini belum terealisasi.

Anggota DPRD Provinsi Kepri, DR H Irwansyah bersama perwakilan tokoh masyarakat Kelurahan Tanjung Uncang, Batuaji, Batam. Foto ays
Anggota DPRD Provinsi Kepri, DR H Irwansyah bersama perwakilan tokoh masyarakat Kelurahan Tanjung Uncang, Batuaji, Batam. Foto ays

Dalam penjelasannya, Irwansyah mengaku optimis realisasi USB tersebut bisa segera dilaksanakan, pasalanya masyarakat sudah menyiapkan lahan kurang lebih seluas 5 ribu meter persegi yang berlokasi di fasum Perumahan Putra Jaya atau tepatnya RW 15, Kelurahan Tanjung Uncang, Batu Aji.

“Kita akan kawal proposalnya, termasuk juga anggarannya untuk memastikan realiasasi pembangunannya,” pungkas Irwansyah.

Ditempat yang sama, Parlagutan Mora Oloan Siregar alias Mora, Tokoh Masyarakat Tanjung Uncang menceritakan bahwa permohonan pembangunan SMA di Tanjung Uncang sudah disampaikan sejak tahun 2019 lalu, bahkan ditahun 2020 sudah mengajukan proposal ke Pemprov Kepri melalui Wakil Gubernur yang difasilitasi langsung oleh Camat Batuji dan sudah ditandatangani 120 RT RW dengan usulan waktu itu adalah pembangunan USB SD, SMP dan SMA.

Dalam perjalanan, lanjutnya, sudah terbangun Gedung Sekolah Dasar (SD) yang dibangun di Perumahan Permata Laguna, dan Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berlokasi di Perumahan Putra Jaya, namun Gedung Sekolah Menegah Atas (SMA) tidak terealisasi.

“Kami dulu mengusulkan 3 USB, namun hanya gedung SD dan SMP yang direalisasikan, sementara gedung SMA tidak dikabul, padahal kami warga Tanjung Uncang dengan jumlah lebih dari 20 ribu KK sangat membutuhkan gedung SMA untuk anak-anak kami,” ungkap Mora yang didaulat sebagai juru bicara dalam pertemuan sore itu.

Karenanya, Mora mengaku sangat berharap realisasi pembangunan bisa terwujud lewat bantuan Anggota DPRD Kepri, H Irwansyah. Dan bahkan ia berharap tahun ini sudah bisa melakukan proses belajar dengan menumpang di gedung sekolah lain sebagai wujud keseriusan pemerintah membangun USB di Tanjung Uncang.

Sementara itu, Kadisdik Kepri melalui Kacab Disdik Kepri di Batam, Kasdianto mengaku akan memperjuangkan permohonan masyarakat Tanjung Uncang, karenanya proposal tersebut akan diteruskan langsung ke Kadisdik guna segera diproses.

“Kalau kita maunya secepatnya, mudah-mudahan paling lama tahun depan, apalagi kita tau ini dikawal langsung oleh DPRD Provinsi Kepri,” ungkap Kasdianto.

Disebutkan bahwa pendidikan merupakan kebutuhan dasar masyarakat, sehingga harus menjadi prioritas. Hanya saja menurutnya selama ini terkendala terkait lahan, sehingga terkadang tertunda. Sementara yang dihadapi saat ini ketersedian lahan sudah ada, berarti hanya tinggal merealisasikan.

Diakhir pertemuan mencuat bahwa sekolah yang akan dibangun di Kelurahan Tanjung Uncang adalah SMA Negeri 31 atau 32. (ays)

Pos terkait