Danlanal Bintan Tekankan Sikap Karakter Mental pada Pengukuhan Saka Bahari 

Detak News, BINTAN –  Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (KH) Farid Ma’ruf, S.H., M.H di dampingi Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Cisworo melaksanakan peninjauan lokasi Perkemahan Saka Bahari Lanal Bintan di Bumi perkemahan Dompak Tanjung Pinang, Kepri. Sabtu (11/02/2023).

Kedatangan Danlanal Batam ke Bumi perkemahan tersebut dalam rangka Pengukuhan calon anggota Saka Bahari angkatan ke 18 tahun 2023. Adapun hadir di acara pengukuhan di perkemahan berjumlah 55 (lima puluh lima) orang yang terdiri dari Calon anggota Saka Bahari 41 orang, Panitia 10 orang dan tim pendukung dari kesehatan Lanal Bintan 2 orang.

Bacaan Lainnya

Acara pengukuhan tersebut dibawah asuhan personil Potmar (Potensi Maritim) Lanal Bintan. Selesai pelaksanaan pengukuhan dilaksanakan pembinaan dan bimbingan oleh personil Potmar Lanal Bintan dengan materi antara lain Kepemimpinan dan latihan baris berbaris jurit malam serta limed.

Dalam sambutannya Danlanal mengatakan bahwa “Saka Bahari merupakan wadah pembinaan bagi pramuka Penegak dan Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi dan keluarga serta dapat menjadi bekal dalam mengembangkan lapangan kerja, bagian dari pembinaan SDM akan potensi generasi muda. Sebagai upaya pembentukan karakter sejak dini, maka kegiatan pengukuhan sebagai anggota Saka Bahari bagi pelajar seperti yang berlangsung saat ini sangat penting untuk dilaksanakan. Pendidikan kepemimpinan dan karakter serta disiplin tanggung jawab sangat penting bagi generasi muda supaya memiliki mental yang kuat”.

Generasi muda harus dibekali pola pemikiran dan skill yang positif, sehingga dapat memberikan masukan dan energi yang positif bagi bangsa dan negara. oleh karenanya, semangat belajar, semangat menambah pengetahuan dan wawasan harus selalu diasah. setiap pelajar harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan sebagai bagian dari perkembangan dunia.

“intelektual yang dimiliki pribadi-pribadi adik-adik perlu dibarengi dengan mental yang kuat. Tantangan dimasa mendatang akan lebih berat, mental yang kuat juga dibutuhkan untuk dapat bertahan dan tampil sebagai pribadi yang sukses diera globalisasi. untuk itu diharapkan para peserta pengukuhan anggota Saka Bahari dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. mengikuti setiap kegiatan dengan sunguh-sunguh, pada kiprahnya nanti dapat bergabung pada kegiatan Pramuka di tingkat Nasional seperti yang pernah Kakak ikuti yaitu pengalaman kakak yang tergabung pada Tim Pramuka Angkatan Laut pada Pelantara Sail Bunaken tahun 2009, Sail Banda, Sail Wakatobi-Belitong, pelayaran nusantara dan perkemahan pada Sail Sebatik, dan seterusnya” pungkas Danlanal yang ditekankan kembali pada malam ikrar dan renungan api unggun . (dbs)

Pos terkait