Komandan Pangkalan TNI AL Batam (Lanal Batam), Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Maritim

Batam, Pangkalan TNI AL Batam ( Lanal Batam) mengajak masyarakat agar bisa mengembangkan segala potensi terutama potensi maritim.

Guna mewujudkan ketahanan pangan Nasional, Pangkalan TNI-AL Batam yang dipimpin oleh Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (P) Sumantri K., M.M. mengandeng  Koperasi Dua-dua Bahari sebagai mitra untuk dibina agar terwujudnya ketahanan pangan nasional, khususnya di Kota Batam dengan melakukan budidaya ikan (Keramba) di perairan Pulau Abang kecamatan Galang Kota Batam.

Bacaan Lainnya

Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri K,M.M meresmikan kerjasama koperasi Dua-dua Bahari dengan Lanal Batam tentang budidaya ikan dengan memasang plang ketahanan pangan oleh komandan Lanal Batam , Senin 04 Januari 2021.

Dalam sambutannya Danlanal Batam menyampaikan “dikepri dalam hal ini batam yang masyarakatnya hidup di pesisir pantai dan pulau pulau kecil harus bisa mengembangkan dan mengoptimalkan sumber daya yang ada dipesisir laut, untuk itu koperasi Dua-dua Bahari bekerjasama dengan lanal batam guna mewujudkan ketahanan pangan nasional khususnya Pulau Abang ini. Pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan tetap membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk kelompok masyarakat seperti Koperasi Dua-dua Bahari ini, Diharapkan kedepan adanya kerja sama koperasi Dua-dua Bahari dengan lanal batam bisa memberi contoh bagi masyarakat yang tinggal di pesisir / nelayan yang lain sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat pesisir “ ungkapnya.

“Kami keluarga besar TNI AL khususnya Lanal Batam mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung program ketahanan pangan yang sudah diintruksikan oleh pemerintah untuk mengantisipasi darurat pangan dan dampak pandemi Covid 19,” sambung Danlanal.

“Ini adalah salah satu hasil kreatifitas prajurit Lanal Batam terutama yang berada di Posal sebagai Babinpotmar berserta masyarakat binaan yang ada di wilayah kerja Lanal Batam, dalam memulihkan perekonomian masyarakat yang ada di Perairan Batam khususnya di Pulau Abang di tengah situasi pandemi Covid-1, Untuk mengantisipasi dan mencegah krisis pangan maka dibutuhkan pelaksanaan program ketahanan pangan mandiri. Hal itu juga dilaksanakan sesuai intruksi Bapak Kasal, oleh karena itu jajaran TNI AL di Batam ikut mempelopori usaha-usaha dalam mengatasi kesulitan rakyat dengan melaksanakan ketahanan pangan Nasional,” ujar Danlanal.

Kerjasama koperasi Dua-dua Bahari dengan Lanal Batam diharapkan kedepan akan memajukan hasil produk produk perikanan oleh masyarakat yang tinggal dipesisir seperti nelayan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan tersebut, Sektor perikanan merupakan salah satu sumber utama bagi ketahanan pangan di dunia dan pemerintah Indonesia terus berupaya memperkuat ketahanan pangan dengan berbasis ekonomi kelautan dan perikanan.

Kegiatan ini dihadiri segenap pegawai koperasi Dua-dua Bahari yang dipimpin oleh Bapak Hanafi, serta Dinas koperasi Kota Batam, Pemerintahan Kecamatan Galang ,Babinsa , Babinkamtibmas serta tokoh masyarakat Pulau Abang dengan menjalani protokol kesehatan demi pencegahan penyebaran Covid-19.

Pos terkait