Suradji: DPC PKB Batam Harus Selektif Pilih Ketua Baru

Detaknews.co.id, Batam – Kekosongan kursi Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam, karena Ketua sebelumnya Almarhum Jeffry Simanjuntak tutup usia karena serangan jantung, sebulan lalu, membuka lebar peluang setiap kader lainnya.

Dihubungi wartawan, Pengamat politik Provinsi Kepri dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang, Adji Suradji Muhammad menguraikan bahwa DPC PKB Kota Batam harus selektif dalam memilih Ketua baru.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, bahwa PKB harus benar-benar menggunakan mikroskop politiknya dalam menseleksi kader yang mumpuni untuk menjadi nakhoda Partai besutan Mantan Presiden Indonesia, Almarhum Gus Dur ini.

Terlebih, kata pria yang akrab disapa Suradji ini, Kota Batam merupakan wilayah yang mendominasi pemilih di Provinsi Kepuluan Riau (Kepri), sehingga dibutuhkan strategi khusus menguasai hati masyarakat Batam.

“Harus selektif, PKB harus menggunakan mikroskop politiknya menseleksi kader terbaiknya mencari figur tepat menggunakan Almarhum (Jeffry Simanjuntak, red),” ujar Suradji menjawab pertanyaan awak media, Kamis (24/12/20).

Menurutnya, langkah yang tepat, PKB perlu melakukan konsolidasi partai, melihat apa yang menjadi keinginan kader. Apalagi menurutnya PKB tidak boleh tercerabut dari akar Nahdliyyin sebagai basis massa.

“Tahun 2024 menjadi ajang tarung bebas semua Partai, dimana pemilihan eksekutif dan pemilihan legislatif rencananya dilakukan serentak,” ungkapnya.

Seirama dengan apa yang diprediksi Suradji ada keinginan kader PKB Batam mengemuka. Meski tidak ingin disebutkan namanya, para kader PKB Batam berharap pengganti Almarhum punya kapasitas yang lebih atau minimal sama, karena menurutnya tantangan kedepan lebih berat.

Dari penelusuran, muncul beberapa kriteria pengganti Almarhum Jeffry Simanjuntak menurut kader, diantaranya punya komitmen dan konsep membesarkan partai, atau punya konsep bagaimana PKB Batam bisa meraih 1 kursi di setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

“Punya komitmen dan konsep bagaimana PKB Batam bisa meraih 1 kursi di setiap Dapil, atau minimal 1 fraksi di DPRD Batam,” ungkap kader PKB Batam yang tak mau namanya disebutkan.

Yang tak kala penting, lanjutnya, harus punya komitmen bagaimana mewujudkan kantor permanen untuk DPC PKB Batam. Sehingga ada sekretariat tetap sebagai pusat pergerakan partai.

Merujuk pada kriteria tersebut, muncul sejumlah nama yang digadang menjadi Ketua DPC PKB Batam yang definitif, salah satu nama itu adalah Hendrik, Anggota Fraksi PKB DPRD Batam dari Dapil Sekupang-Belakangpadang.

Anggota Fraksi PKB DPRD Batam, Hendrik

Dihubungi terpisah, Hendrik secara politis mengatakan bahwa dia adalah kader partai, dan sebagai kader ia harus siap setiap saat ketika partai menugaskan.

“Saya ini petugas partai, harus siap kapan dan dimana pun partai menugaskan,” tegasnya.

Termasuk menurutnya, ketika menjawab pertanyaan media apakah ia siap mengemban amanah sebagai Ketua DPC PKB kedepan. “Saya harus siap, dan saya siap membesarkan partai,” ungkapnya.

Termasuk ketika ditanya kriteria di atas, ia mengaku sangat siap. Apalagi menurutnya meraih 1 fraksi bukan perkara yang sangat pelik, namun dia sangat optimis karena PKB adalah partai besar dan punya basis massa.

“PKB ini partai besar, pernah punya presiden, apalagi kita punya basis massa yang fanatik. 1 fraksi atau bahkan 1 kursi setiap Dapil bukan hal yang mustahil,” tegasnya lagi.

Terakhir, Anggota Legislatif yang dekat dengan media ini mengatakan, bahwa siapapun nanti yang mendapatkan amanah harus bisa mewujudkan apa yang menjadi harapan kader.

Informasi yang dihimpun, bahwa saat ini pucuk pimpinan DPC PKB Batam diambil alih oleh DPP sampai nanti adanya ketua definitif hingga 31 Mei 2021 mendatang.

Sebagaimana diketahui bahwa pada pemilihan legislatif 2019 lalu PKB Batam meraih 3 kursi, masing-masing dari Dapil Sekupang-Belakangpadang, Dapil Sagulung dan Dapil Batam Kota. (r/dbs)

Pos terkait