SIWO PWI Kepri bersama KONI Kepri Gelar Pelatihan Peliputan PON

Detaknews.co.id, BATAM – Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri bekerja sama denga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri menggelar pelatihan liputan pada even Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk wartawan, Sabtu (19/12/20), di Gedung Pemuda dan Olahraga Kota Batam.

Dalam Pelatihan yang diberikan, Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim sebagai pemateri, memberikan pengalamannya serta penjelasan tentang dunia olah raga kepada para wartawan.

Bacaan Lainnya

“Idenya sebenarnya spontan saja. Kami berharap temen-temen yang hadir bisa memberikan konsen dengan berita olahraga,” ujarnya.

Chandra mengatakan, dalam pemberitaan olahraga itu adalah khas, Karena, kita lebih bebas dalam membuat judul maupun lead berita.

Namun, ia juga menjelaskan, untuk menjadi wartawan olah raga haruslah jeli, karena dalam menuliskan berita olahraga harus deskriptif atau deskripsikan bagaimana pertandingan berlangsung.

“Saya mengawali karir sebagai wartawan olahraga dan liputan pertama saya adalah pertandingan bola voli ibu-ibu di komplek perumahan,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KONI Kepri Abdul Razak menyampaikan, Pelatihan yang digelar ini bertujuan untuk memajukan olahraga tdi Kepri agar lebih terpublikasi khusunya kepada masyarakat.

“Pelatihan ini adalah untuk memajukan olahraga di Kepri. Dalam sebuah even para atlet itu bukan hanya butuh meraih medali saja, tapi dia juga butuh pengakuan dari publik yang diliput media,”kata Razak.

Dalam penyampaian nya, kerjasama SIWO PWI Kepri dengan KONI Kepri ini adalah pertama kalinya dan diharapkan kedepannya berkelanjutan serta ada pelatihan dan kegiatan lainnya.

“Sebuah even itu tidak sempurna jika tidak diliput oleh media. Sebuah kebahagian tersendiri bagi insan olahraga jika even dan prestasi yang diraih oleh atlet diliput media dan diberitakan,” ucapnya.

Selanjutnya, dalam pelatihan tersebut, diikuti belasan peserta wartawan dari berbagai media yang ada di Kota Batam, baik itu media cetak, media online dan media elektronik. (mar)

Pos terkait