Puluhan Kegiatan Disepakati pada Musrenbang 2020 Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari

Tanjungpinang – Dengan mengakat tema “Pengembangan pusat kebudayaan melayu dan peningkatan kualitas sumber daya manusia” Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kelurahan di Aula Kantor Lurah Dompak, Jumat (24/1/2020) siang.

Dalam Musrenbang Tahun 2020 sebanyak 17 Kegiatan, Bidang Sosial dan Pemerintahan sebanyak 7 Kegiatan, Bidang Ekonomi sebanyak 11 Kegiatan. Sedangkan untuk usulan Program Pembangunan Infrastruktur berbasis Komunitas Alokasi Dana Kelurahan (ADK) Tahun 2020 mencapai 45 kegiatan. Dan kegiatan usulan pra Musrenbang mencapai 62 kegiatan. Untuk program Pembangunan Infrastruktur Berbasis Komunitas ADK Tahun 2020 sebanyak 22 kegiatan dengan jumlah total pagu dana sebesar Rp.627 juta.

Bacaan Lainnya

Camat Bukit Bestari Faisal Pahlevi berharap agar usulan-usulan dari masyarakat dapat terpenuhi sesuai dengan yang sudah disepakati melalui RT dan RW.

“Jadi jangan sampai usulan tersebut menjadi tidak terealisasi. Apa pun yang diusulkan tentunya harus disesuaikan dengan administrasi yang ada, kelompok masyarakat, kelompok pertanian, pertenakan itu harus ada kelompoknya. Jangan diusulkan barangnya tapi kelompoknya gak ada,” ujarnya.

Faisal menegaskan administrasi itu harus rapi. Apa lagi, dana desa ini secara terus menerus akan digulirkan ke kelurahan yang disebut dengan ADK.

“Pada Tahun 2021 ADK sudah mencapai RP1 Milyar. Sudah hampir sama dengan desa-desa di Kabupaten. Dan secara SDM tentunya harus sudah rapi dan mumpuni,” tegasnya.

Mudah mudahan melalui Musrenbang ini, kita dapat memenuhi usulan usulan yang ada di masyarakat, yang mana untuk Kecamatan Bukit Bestari, Kelurahan Dompak penduduknya paling kecil hanya 3000 jiwa.

Wilayah yang luas yang masyarakatnya terpisah jauh-jauh. Tentunya masih banyak Infrastruktur yang harus dibenahi di Dompak.

“Dengan usulan ini mudah mudahan Infrastruktur sederhana yang bisa dikerjakan oleh ADK dan Infrastruktur teknis yang mana nanti akan dikerjakan oleh PU. Sehingga Kelurahan Dompak tidak ketinggalan oleh Kelurahan lain,” harapnya.

Sementara itu, Lurah Dompak Heri Susanto mengatakan, dalam Musrenbang kali ini kelurahannya Fokus ke Pariwisata. Sebab pariwisata itu terkait dengan visi misi Walikota. Yaitu meningkatkan Pariwisata dan ekonomi masyarakat.

“Kami melihat potensi di Dompak ini luar biasa, makanya kami membuat pilot projek di Tanjung Setumu, bahwasannya di sana kami akan membuat kampung wisata,” ungkap Heri.

Jadi ada beberapa event yang kami coba sesuaikan bersama, salah satu nya agenda kami itu jom kita ke Dompak.

“Itu ada beberapa kegiatan seperti lomba jong, lomba cari gong gong, lomba foto explorer. Sama hiburan joget dangkong. Kenapa joget dangkong, sebab satu-satu nya joget mak dare memang asli dari Kelurahan Dompak,” ujar Heri. (Budi)

Pos terkait