Gunung Ledang Johor Malaysia, Tempat Asik Berwisata Alam

Satu spot wisata alam yang ada di negara Malaysia, yakni Gunung Ledang. Gunung ini merupakan salah satu pengunungan Malaysia yang berada di kawasan Johor, tepatnya di Tangkak.

Selain dikenal dengan sebutan Ledang, gunung ini juga dikenal oleh pengunjung manca negara dengan sebutan mount ophir. Jika diliat dari sisi ketinggiannya, gunung ledang memiliki ketinggian lebih kurang 1.276 meter. Sehingga dengan ketinggiannya itu pengunjung dapat melihat pulau Sumatera yang ada di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Sebagai salah satu tempat wisata yang tidak luput dari pengunjung, gunung ledang ternyata juga dikenal sebagai kawasan perhutanan yang menjadi habitat beberapa spesies tumbuhan langka.
Oleh sebab itu, jika berkunjung ke gunung ini jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian aneka tumbuhan yang ada di sana. Sebab bisa jadi Kamu akan berpapasan dengan salah satu jenis tumbuhan langka yang hidup di hutan gunung tersebut.

Gunung Ledang yang berselimut legenda dan dongeng mistis selalu memukau dan menggelitik rasa ingin tahu wisatawan dalam dan luar negeri. Menurut legenda Putri Gunung Ledang, Sultan Melaka ingin meminang sang Putri menjadi istrinya dan sang Putri, yang tidak ingin menikah dengannya, menuntut Sultan untuk mempersembahkan tujuh guci air mata wanita, tujuh baki jantung nyamuk, dan tujuh mangkuk darah putra sang Sultan. Setelah sang Sultan ternyata tak mampu memenuhi permintaan yang tidak masuk akal ini, sang Putri melarikan diri ke gunung dan tinggal di gua tersembunyi, sampai sekarang.

Gunung ini sangat ideal untuk beragam aktivitas luar ruangan dengan jalur gunung yang menantang, air terjun yang dingin, serta flora dan fauna yang eksotis, termasuk beragam jenis burung. Dari puncaknya yang relatif datar, yakni setinggi 1.276 m di atas permukaan laut, pemandangan Selat Melaka dan bahkan garis pantai Sumatra dapat terlihat pada hari yang cerah. Selain itu, Air Terjun Sagil dikenal sebagai tempat piknik yang populer di kaki gunung.

Pos terkait