Pentingnya Menjaga Konsentrasi dan Kondisi Fisik Saat Naik Motor

Detak News, BATAM – Kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari tentunya butuh moda transportasi untuk melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain. Masing-masing pelaku pengguna jalan memiliki tanggung jawab yang sama yaitu memprioritaskan keselamatan di jalan. Kamis (28/3/24).

Tingginya mobilitas di jalan berbanding lurus dengan meningkatnya potensi bahaya yang dapat menimbulkan suatu insiden kecelakaan. Lalu bagaimana untuk kita sebagai pengendara agar dapat meningkatkan keselamatan di tengah berkendara dengan potensi bahaya di jalan?

Bacaan Lainnya

Dalam berkendara kita akan melakukan proses mekanisme reaksi dimana dimulai dari kita mengamati kondisi lalu lintas, melakukan identifikasi potensi bahaya, mengambil keputusan dan melakukan pengoperasian. Proses mekanisme reaksi yang baik dapat menurunkan potensi bahaya di jalan dan kualitas proses mekanisme reaksi pengendara salah satunya dapat dipengaruhi dari konsentrasinya. Betapa pentingnya memiliki konsentrasi penuh di jalan saat berkendraa bahkan diatur di undang-undang yang berisi “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.” Konsentrasi yang dimaksud dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 pasal 106 ayat (1) tersebut yaitu pengemudi harus memperhatikan jalan dengan fokus. Konsentrasi kita menurun saat berkendara dapat disebabkan oleh

โ€ข Kurangnya istirahat

โ€ข Kelelahan

โ€ข Kondisi kesehatan yang kurang fit

โ€ข Melakukan kegiatan lain secara bersamaan saat sedang berkendara (bermain gadget)

โ€ข Dehidrasi

Berikut tips dari Christofer Valentino selaku Instruktur Safety Riding Honda Kepri untuk menjaga konsentrasi saat berkendara di jalan untuk keselamatan, yaitu dengan Istirahat yang cukup, konsumsi makanan bernutrisi dan cukup air mineral pada saat sahur bagi yang menjalankan ibadah puasa, dan dapatย  melakukan pemanasan tubuh secara ringan sebelum berkendara.

โ€œBerkendara tidak hanya bicara bagaimana cara kita mengoperasikan kendaraan saja, tetapi juga soal kondisi fisik kita, karena kondisi fisik kita akan menentukan kualitas pengoperasian kendaraan dijalan, maka dari itu Cari_Aman pastikan kondisi fisik selalu prima untuk Keselamatan Berkendaraย  yang lebih baik,โ€ tutup Christofer. (ea)

Pos terkait