Ketua PWI Kepri Dinobatkan Jadi Warga Kehormatan Lanud RHF

Detak News, TANJUNGPINANG – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Riau, Andi yang diwakili Sekretaris PWI Amril dikukuhkan sebagai warga kehormatan Pangkalan TNI AU Raja Haji Fisabilillah, bersama Gubernur, Mas Kogabwilhan I, Danrem 033/WP serta sejumlah pimpinan FKPD Kepri.

Komandan Lanud RHF, Kolonel PNB Andi Nur Abadi menyampaikan, pengukuhan warga kehormatan ini sebagian bentuk apresiasi atas dukungan yang diberikan semua pihak kepada Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Bacaan Lainnya

“Ini kita sampaikan sebagai bentuk perhatian dan penghormatan kita kepada Pemerintah Daerah dan pihak terkait, yang setiap saat menjadi partner kita dan mendukung segala kegiatan kita di kewilayahan,” ujar Danlanud.

Sebelumnya, Ketua PWI Kepri ikut mendampingi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad ikut menyambut kedatangan tiga pesawat tempur Hawk 100/200 Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak, di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF), Jumat (16/2) pagi.

Kedatangan Pesawat Hawk 100/200 โ€œElang Khatulistiwaโ€ di Kota Tanjungpinang adalah dalam rangka pelaksanaan misi latihan maverick dan terbang jelajah. Misi dipimpin oleh Komandan skadron 1 Letkol PNB M. Syaifudin.

Misi ini dimulai pada tanggal 16 Februari 2024 yang melaksanakan terbang jelajah dan maverick dengan rute Lanud Supadio Pontianak menuju Lanud RHF Tanjungpinang dan dilanjutkan pada tanggal 17 Februari 2024 berangkat melanjutkan misi latihan dan terbang jelajah dari Lanud RHF Tanjungpinang menuju Lanud Roesmin Noerjadi Pekanbaru

Dengan kunjungan pesawat ini di Tanjungpinang, maka Komandan Lanud RHF Kolonel PNB Andi Nur Abadi menggagas penyelenggaraan Open Base dan Static Show untuk masyarakat Kota Tanjungpinang dan sekitarnya agar dapat melihat secara langsung alutsista pesawat kebanggaan TNI Angkatan Udara.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat para pelajar dan warga, sehingga kedepannya bisa membawa alutsista,” harapnya.

Selain tiga pesawat Hawk 100/200, Kegiatan Open Base dan Static Show ini juga melibatkan Pesawat Heli H-225m/h-2215 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sanjaya Bogor, dan Pesawat Hercules C-130 dari Skadron 33 Lanud Sultan Hasanudin Makassar.

Gubernur Ansar mengapresiasi Lanud RHF sebagai pengagas acara ini. Ia mengatakan ini dapat dijadikan sebagai hiburan dan sarana pendidikan bagi masyarakat dan pelajar.

“Sekaligus membangun semangat kedirgantaraan bagi anak-anak kita, memperkenalkan beberapa alutsista yang hari ini digunakan” ucapnya.

Kemudian bicara masalah kedaulatan, Gubernur Ansar menekankan pentingnya perhatian pemerintah pusat dalam meningkatkan intensitas pengawasan.

“Ke 22 pulau terdepan di Kepri ini kan penuh potensi, maka pengawasan-pengawasan melalui udara, laut mesti terus ditingkatkan intensitasnya” kata Gubernur Ansar.*

Pos terkait