Sukses Turnamen Biliar Batam Open, Bukti Batam Layak Tuan Rumah Ajang Internasional

Kadispora Batam, Zulkarnain dan Ketua POBSI Batam, Masrur Amin bersama para juara Turnamen Biliar Batam Open 9 Ball Championship 20233. Foto ays
Kadispora Batam, Zulkarnain dan Ketua POBSI Batam, Masrur Amin bersama para juara Turnamen Biliar Batam Open 9 Ball Championship 20233. Foto ays

Detak News, BATAM – Sukses pelaksanaan Turnamen Biliar Batam Open 9 Ball Champions 2023 yang diselenggarakan Pengurus Kota Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pengkot POBSI) Batam, menjadi bukti bahwa Kota Batam ini layak menjadi tuan rumah berbagai kegiatan internasional.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam, Zulkarnain saat memberikan kata sambutan dalam penutupan Turnamen Biliar Batam Open 9 Ball Champions 2023, Selasa (21/2/2023) malam di East Side Pool & Cafe, Bengkong Laut, Batam.

Bacaan Lainnya

Berkaca dari kegiatan Turnamen Biliar Batam Open tersebut, ini merupakan ajang biliar terbesar yang digelar oleh POBSI dengan paling banyak peserta, paling banyak negara dan paling besar hadiahnya, namun demikian seluruh rangkaian pelaksanaan berjalan sesuai rencana tanpa kendala apapun.

Kadispora Batam, Zulkarnain dan Ketua POBSI Batam, Masrur Amin bersama seluruh panitia dan wasit dan. Foto ays
Kadispora Batam, Zulkarnain dan Ketua POBSI Batam, Masrur Amin bersama seluruh panitia dan wasit dan. Foto ays

Apalagi menurutnya, kelayakan tersebut ditunjang oleh 4 proyek strategis Wali Kota Batam, HM Rudi, yakni pembangunan jalan, pembangunan bandara, pembangunan pelabuhan Batu Ampar dan Pengembangan RSBP Batam.

Sementara itu, Ketua POBSI Batam yang juga Ketua Panitia Turnamen Biliar Batam Open 9 Ball Championship 2023, H Masrur Amin menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang sudah berkontribusi suksesnya kegiatan tersebut, utamanya kepada Walikota Batam dan para sponsor.

“Terimakasih atas kerja keras seluruh panitia, terimakasih pak Walikota Batam, terimakasih seluruh sponsor, saya merasa bahagia puas dengan hasil maksimal ini,” ungkap Masrur Amin dalam sambutannya.

Rasa bangga dan bahagia tersebut, ungkap advokat senior Kepri ini, karena selama 5 hari pertandingan tidak ada protes dari pemain, baik menyangkut perwasitan maupun menyangkut pelayanan dari panitia.

“Paling banyak orang asing, paling banyak peserta namun Alhamdulillah tidak ada sama sekali muncul protes, baik itu ketika bertanding maupun pelayanan yang diberikan panitia,” terangnya.

Harapan saya, lanjutnya, tidak hanya biliar tetapi seluruh cabang olahraga dibawa naungan KONI bisa memberikan yang terbaik untuk kemajuan Kota Batam.

Pada partai final yang berlangsung sangat menegangkan, mempertemukan dua atlet biliar nasional, yakni Rizky Esbe dari Provinsi Jambi berhadapan dengan Ponco M Nemesis dari DKI Jakarta, yang dimenangkan oleh Rizky Jambi dengan skor akhir 9:8.

Atas kemenangan tersebut, Rizky Esbe mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 100 juta, sementara Ponco mendapatkan tropi dan uang pembinaan Rp 50 juta dan juara 3 bersama masing-masing sebesar Rp 25 juta.

Usai pertandingan, Rizky Esbe kepada media mengaku menjalani pertandingan dengan cukup tegang, karena terjadi kejar mengejar angka. Namun demikian ia mengaku pelaksanaan Turnamen Biliar Batam ini cukup menarik dan membahagiakan.

Ketika ditanya siapa lawan terberat? pria 24 tahun mengaku semua yang dihadapi di pertandingan tersebut adalah berat, karena mereka semua sudah pemain nasional dan bahkan sebagian sudah pemain internasional.

Yang menariknya, turnamen ini diramaikan oleh penonton setiap harinya, dan sebagian lagi menyaksikan secara langsung melalui Chanel YouTube. (ays)

Pos terkait