Buya Syafii Wafat, Megawati Sedih Kehilangan Sosok Sahabat dan Negarawan

Kebersamaan Megawati Soekarnoputri dengan Almarhum Buya Syafii Maarif dalam sebuah kegiatan. Dokumen PDIP
Kebersamaan Megawati Soekarnoputri dengan Almarhum Buya Syafii Maarif dalam sebuah kegiatan. Dokumen PDIP

Detak News, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya mantan Ketua Umum PP Muhammadiyahย Ahmad Syafii Maarif. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati terisak sedih mendengar kabar Buya Syafii meninggal dunia. Megawati merasa kehilangan sosok Buya Syafii.

“Ketika kami menyampaikanย berita wafatnya Buya ke Ibu Megawati Soekarnoputri, Beliau terisak sangat sedih. Buya Syafii sosok yang menjadi sahabat Ibu Megawati, dan bersama-sama di BPIP,” kata Hasto dalam keterangannya, Jumat (27/5), dikutip dari merdeka.com.

Bacaan Lainnya

Ibu Megawati sungguh merasa kehilangan sosok negarawan yang menjadi cermin kecendekiawanan, sosok saleh yang rendah hati, sosok yang menjadi bagian kekuatan moral bangsa dan memberikan keteladanan dalam etika hidup berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Megawati memberikan arahan kepada keluarga besarย PDIPย memberikan penghormatan terbaik kepada Buya Syafii. “Dengan mendoakan semoga almarhum wafat dalam keadaan husnul khatimah dan mendapatkan tempat terbaik disisiNya,” ucap Hasto.

Megawati juga meminta keluarga besar BPIP dan menugaskan Pramono Anung untuk melakukan koordinasi terkait protokoler penghormatan negara dalam rangka pemakaman Almarhum Buya Syafii.

Hasto menceritakan kedekatan Megawati dengan Buya. Bung Karno dan Ibu Fatmawati juga memiliki kedekatan dengan Muhammadiyah. Ikatan emosional sebagai bagian keluarga besar Muhammadiyah, serta sama-sama mengalir darah Minang menjadikan hubungan Megawati dan Buya Syafii sangat akrab dan penuh persaudaraan.

“Dalam berbagai kesempatan, ketika berdiskusi tentang bangsa dan negara, Buya Syafii dan Ibu Megawati, keduanya berdialog dengan hangat. Di tengah kesedihan Ibu Megawati, Beliau meminta seluruh Kader PDI Perjuangan untuk memberikan penghormatan terbaik baik sosok yang menjadi sumber keteladanan tersebut,” ujar Hasto.

Kabar duka datang dari keluarga besar Muhammadiyah. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau biasa disapa Buya Syafii meninggal dunia. Buya Syafii menghembuskan napas terakhirnya di RS PKU Muhammadiyah Gamping pukul 10.15 WIB.

Baca selengkapnya di https://m.merdeka.com/peristiwa/dengar-buya-syafii-wafat-megawati-sedih-kehilangan-sosok-sahabat-dan-negarawan.html?page=2 (er/dbs)

Pos terkait