Lanal Batam Bersama Instansi Maritim dan Polri Tanam 2.500 Mangrove

Aksi tanam mangrove bersama. Ist
Aksi tanam mangrove bersama. Ist

Detak News, BATAM – Detak News, BATAM – Masih dalam rangkaian HUT Armada RI ke-76 tahun 2021, Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam bersama instansi maritim, TNI Polri dan seluruh warga di Pantai Kampung Belian, Batam Kota, Batam secara gotong royong melakukan penanaman 2.500 pohon mangrove, Jumat (17/12/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Danlanal Batam ini, mengambil tema, “Ksatria Pengawal Samudera untuk Indonesia tumbuh untuk Indonesi maju,”

Bacaan Lainnya

“Ada sebanyak 2.500 pohon mangrove yang ditanam dengan tujuan untuk melindungi pantai dari abrasi dan melindungi habitat laut,” ungkap Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Sumantri kepada awak media disela sela kegiatan.

Bersama melakukan penanaman mangrove di pantai Belian, Batam Kota. Ist
Bersama melakukan penanaman mangrove di pantai Belian, Batam Kota. Ist

Dikatakan Sumantri, penanaman bibit pohon mangrove yang dilaksanakan pihaknya tersebut dikarenakan mangrove di Kota Batam sudah banyak berkurang dan juga ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab atau pelaku usaha yang mengambil akar ataupun pohon dari bakau mangrove untuk dijadikan arang bakau.

“Sehingga pihaknya menggugah dan memotivasi kembali untuk bersama-sama dalam merawat lingkungan hidup agar bisa dijadikan tempat wisata di Batam,” terang Sumantri.

Sehingga kita lihat sudah mulai banyak yang hilang, karena di Kepulauan Riau (Kepri) ini, pengusaha mengambil pohon bakau untuk dijadikan arang bakau dan mengekspornya.

“Ke depan, kita sama-sama menjaga dan menanam kembali pohon bakau ini sehingga nanti bisa untuk mencegah abrasi,” ujar Sumantri.

Lanjut Sumantri, untuk mengantisipasi dan penanganan adanya penebangan pohon mangrove yang dijadikan sebagai arang bakau, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mencegah adanya ekspor lagi.

Tahun ke depan kita akan galakkan lagi penanaman mangrove di Kota Batam ini sesuai instruksi Bapak Presiden RI dan Pimpinan kita.

“Alhamdulillah hari sebanyak 2.500 pohon mangrove sudah kita tanam, tapi sebelumnya kita juga sudah menanam kurang lebih 3.000 pohon disini. Sehingga nantinya, di Kampung Belian ini menjadi sangat indah dengan hutan bakau karena bakau adalah tempat ekosistem habitat hewan laut,” tutur Sumantri.

Peserta yang turut hadir dalam penanaman Mangrove Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan beserta 10 personel Lanud Hang Nadim, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Marinir 10/Satria Bhumi Yudha (SBY), Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Briand Iwan Prang beserta jajaran, Perwakilan Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS), Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Andi Ariyanto beserta jajaran.

Kemudian, Perwakilan Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Yos Guntur Yudi Fauris Susanto beserta jajaran, Perwakilan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam, Letnan Kolonel (Letkol) Korps Kavaleri (KAV) Sigit Dharma Wiryawan beserta jajaran 0316/Batam, Ketua Jalasenastri Cabang 5 Koordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I, Ny Apriyanti Sumantri beserta jajaran, dan tamu undangan lainnya.

Tidak hanya penanaman Mangrove, tetapi kesempatan itu digunakan untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan kepada masyarakat. (r/yn)

Pos terkait