Kejagung Serahkan Hibah 1 Unit Kapal Hasil Rampasan Kejari Batam ke Unhas Makasar

Tik Kejagung dan Kejari Batam berfoto bersama di depan kapal yang diserahkan ke Universitas Hasanuddin Makassar. foto kejari
Tik Kejagung dan Kejari Batam berfoto bersama di depan kapal yang diserahkan ke Universitas Hasanuddin Makassar. foto kejari

Detak News, BATAM – Kejaksaan Agung (Kejagung) melalui Pusat Pemulihan Aset (PPA) melaksanakan hibah serah terima barang milik negara yang berasal dari barang rampasan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, Kepulauan Riau, dalam rangka penetapan status penggunaan dari Kejaksaan Agung (Kejagung) RI kepada Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Senin (11/12/2023) di Kantor PSDKP Setokok Barelang, Batam.

Barang rampasan milik negara itu berupa satu unit kapal ikan berbendera Vietnam yang ditangkap pada Agustus 2022 lalu. Prosesi serah terima kapal dilangsungkan di Kantor Pangkalan PSDKP Batam

Bacaan Lainnya

Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan RI, Syaifudin Tagamal, SH.MH mengatakan bawha serah Terima hibah kapal itu berasal dari barang rampasan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kepentingan dunia pendidikan dan penelitian. Dan mudah-mudahan dengan penyerahan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan sumber daya manusia di bidang kemaritiman dan perikanan.

Dijelaskan, bahwa kapal tersebut ditangkap oleh KKP dan disidangkan oleh Kejaksaan Negeri Batam, dan Kapal itu kondisinya masih layak untuk diserahkan ke Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk kepentingan pendidikan.

Satu jenis kapal seperti yang sudah di lihat di belakang itu yang tadi sudah dicek kondisinya masih bagus, artinya kemarin juga dicek sama Pak Rektor Unhas kondisinya sangat bagus dan sudah layak untuk berlayar, tinggal menunggu nanti surat kelengkapan untuk berlayar dibawa semua ke Makassar dan kapal yang diserahkan ke Unhas itu bisa bermanfaat sebaik-baiknya dan barang tersebut dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa baik dari sisi teori maupun paraktiknya di bidang kemaritiman.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa menyambut baik dan berterimakasih atas penyerahan kapal hasil rampasan negara itu kepada pihaknya. Nanti, kapal tersebut akan dioptimalkan guna kebutuhan sektor pendidikan dan sangat bersyukur dan juga bangga bahwa teman-teman dari Kejaksaan membantu Unhas dan ini adalah bagian dari keinginan Unhas untuk bisa berkontribusi.

“Mudah-mudahan kapal ini dalam waktu beberapa bulan ke depan kita bisa melaporkan apa manfaatnya kepada Kejaksaan,” ungkap Rektor.

Dalam kegiatan itu, selain dihadiri Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan RI dan Rektor Unhas, juga disaksikan langsung oleh Kajati Kepri, Dr. Rudi Margono, SH.MH; Kajari Batam, I Ketut Kasna Dedi, serta jajarannya. (dbs)

Pos terkait