Pemko Batam dan KONI Realisasikan Bonus Atlet, Pelatih dan Manager Berprestasi

Walikota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan bonus kepada pelatih Batam yang sudah berprestasi di ajang Popda dan Porprov. foto ays
Walikota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan bonus kepada pelatih Batam yang sudah berprestasi di ajang Popda dan Porprov. foto ays

Detak News, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Batam merealisasikan pemberian bonus kepada seluruh atlet, pelatih dan manager Kota Batam yang telah berprestasi di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) VIII dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V tahun 2022 lalu.

Bonus ratusan atlet, pelatih dan manager ini diserahkan langsung oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Sekda Batam Jefridin Hamid, Kadispora Batam H Zulkarnain, Ketua Umum KONI Kepri Usep RS, Plt Ketua Umum KONI Batam Rinaldi Samjaya, Ketua Pengkot POBSI Batam Masrur Amin, Ketua Pengkot IPSI Batam Hendrik dan segenap tokoh olahraga Batam, Minggu (19/11/2023) malam, di Swiss-bell Hotel Harbour Bay, Batu Ampar, Kota Batam dalam acara malam apresiasi olahragawan.

Bacaan Lainnya

Apresiasi yang diberikan Pemko Batam meningkat dibandingkan apresiasi pelaksanaan Porprov sebelumnya, dimana untuk atlet peraih emas mendapatkan Rp5 juta, sementara pelatih mendapatkan Rp6,5 juta dan manager mendapatkan Rp7 juta sementara di pelaksanaan sebelumnya peraih medali emas hanya mendapatkan Rp3,3 juta. Begitu juga peraih medali perak dan perunggu mengalami peningkatan.

“Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya buat atlet, pelatih, manager dan juga para Ketua Cabor yang sudah mengharumkan nama Batam di tingkat Provinsi dan juga tingkat yang lebih tinggi,” ungkap Walikota Batam yang juga Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dalam sambutannya.

Plt Ketum KONI Batam, Rinaldi Samjaya memberikan sambutan. foto ays
Plt Ketum KONI Batam, Rinaldi Samjaya memberikan sambutan. foto ays

Prestasi keolahragaan, lanjutnya, adalah wujud kebersamaan membangun Kota Batam dari sektor olahraga, dan menjadi bagian dari upaya Batam melaju menuju Batam maju yang dicita-citakan bersama.

Masih kata Walikota Batam, bahwa Kota Batam menjadi percontohan dari berbagai sektor diantara kabupaten kota lainnya di Provinsi Kepri, termasuk diantaranya sektor olahraga. Karenanya, kata Walikota sarana olahraga juga harus yang terbaik.

“Kita akan mendesain Temenggung biar nanti Provinsi Kepri bisa menjadi panitia PON, kalau ada arsitektur olahraga tolong bawa ke saya, kita akan mendesain sarana dan prasarana Temenggung Abdul Djamal,” ujarnya.

Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina menyerahkan bonus ke salah seorang atlet Batam. foto ays
Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina menyerahkan bonus ke salah seorang atlet Batam. foto ays

Apresiasi dan penyemangat disampaikan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, disebutkan bahwa prestasi olahraga dari para atlet, pelatih dan manager adalah bagian dari pembangunan Kota Batam. Ia memuji perhatian Walikota Batam atas pemberian bonus tersebut, karena ini bagian dari upaya memotivasi olahragawan untuk lebih berpartisipasi lagi.

“Jangan berpuas diri, teruslah berprestasi di jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Plt Ketua Umum KONI Batam, Rinaldi Samjaya mengatakan bahwa perhatian Walikota Batam terhadap pembinaan olahraga sangat luar biasa, tidak hanya melalui pemberian bonus, tetapi menurutnya jauh dari itu seperti halnya alokasi anggaran keolahragaan.

“Saat saya pertama menjabat Plt Ketum KONI Batam saya dipanggil pak Wali (Walikota Batam, red) saya diarahkan agar segera menyerap dan mendistribusikan dana hibah olahraga untuk Cabang Olahraga (Cabor) yang ada di bawa KONI Batam. Inilah salah perhatian pak Wali,” ungkap pria yang akrap disapa Aldi ini.

Walikota Batam, Muhammad Rudi, Kadispora Batam dan segenap Forkopimda dan insan olahraga bersama dengan atlet, pelatih dan manager. foto ays
Walikota Batam, Muhammad Rudi, Kadispora Batam dan segenap Forkopimda dan insan olahraga bersama dengan atlet, pelatih dan manager. foto ays

Dalam sambutannya, Aldi menjelaskan bahwa raihan medali Kontingen Batam di ajang Porprov Kepri V meningkat tajam, dengan meraih 50 persen medali yang dipertandingkan dengan total 297 medali, dengan rincian 156 medali emas, 78 medali perak, 63 medali perunggu.

Raihan tersebut juga meningkat tajam dibandingkan Porprov sebelumnya, dimana kontingen Batam meraih 77 medali emas, 72 medali perak, dan 64 medali perunggu, namun tetap meraih juara umum.

“Izin melaporkan bahwa raihan medali di ajang Porprov meningkat tajam dibanding ajang Porprov sebelumnya. Dan ini mengantarkan Kota Batam kembali menjadi juara umum 8 kali berturut-turut,” terangnya.

Dominasi atlet Batam, jelas Aldi, berlanjut di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke 11 yang berlangsung di Provinsi Riau, dimana Kontingen Porwil Kepri diisi lebih dari 70 atlet Kota Batam.

Terakhir, Aldi menaruh harapan besar agar ditahun 2024 nanti Perda Keolahragaan Kota Batam bisa direalisasikan. Sehingga menurutnya ada Desain Besar Olahraga di Batam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Batam Nuryanto, Anggota DPRD Batam Hendri dan segenap Forkopimda Batam, OPD Batam, Ketua Pengkot, segenap pelatih, Pengurus KONI dan insan olahraga Kota Batam. (ays)

Pos terkait