Mayor Andi Arif Jabat Danyon Marhanlan IV Batam, Siap Bersinergi Semua Elemen

Detak News, BATAM – Resmi menjabat sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyon Marhanlan) lV Batam, Mayor Mar Andi Arif Mangkubumi siap melanjutkan program seniornya, Letkol Mar Irfan Bhatara Lubis.

Dalam sambutannya, alumni AAL Angkatan 52, tahun 2006 ini, mengatakan bahwa Batam sebagai kota yang majemuk dan penuh hawa kekompakan. Karenanya ia akan bersinergi dengan semua elemen masyarakat, dalam upaya menjaga dan merawat pertahanan keamanan negara.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan mantan Staf Intel Brigade Infanteri 3 Sorong ini, dalam sambutannya pada acara pisah sambut yang di gelar di ballroom Swiss-Bel Hotel, Sabtu (21/10/2023) malam.

Pria yang berdarah Sulawesi ini mengaku baru beberapa hari di Kota yang berpenduduk dari berbagai suku dan daerah dari seluruh Indonesia ini sudah tergambar pada kekompakan forkopimdanya

“Kami melihat suasana Batam sangat berbada, disini penuh kehangatan, begitu juga kekompakan forkopimda disini, langsung bisa kita rasakan,” ungkap Mayor Andi Arif.

Oleh sebab itu, Ia berharap bisa melaksanakan tugas dengan baik di kota Batam, dan melanjutkan program yang baik dari Komandan sebelumnya.

“Dengan kekompakan dan jalinan silaturahmi yang sudah terbentuk oleh senior kami sebelumnya, kami siap berbuat yang terbaik,” ungkapnya.

Sementara, Letkol Marinir Irfan Bhatara Lubis akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Datasemen Intelijen Pasmar 1 di Jakarta, mengatakan, pergantian di tubuh TNI itu sudah biasa, dan itu yang membuat tali silaturahmi semakin erat.

Selama satu tahun dua bulan bertugas di Batam, kunci keberhasilan dalam melaksanakan tugas adalah dengan menjalin sinergitas dan silaturahmi yang baik dengan semua instansi, tokoh masyarakat,dan tokoh Agam, dan prekusor tentunya kepada masyarakat pada umumnya.

“Puji syukur, selama menjabat sebagai Danyonmarhanlan IV Batam saya mendapatkan rapor baik. Kuncinya adalah sinergitas,” katanya.

Selain itu, lanjut Letkol Irfan Bhatara, dukungan dari internal atau prajurit marinir yang hebat, dirinya bisa berbuat yang terbaik, baik itu dijajaran korps marinir maupun lintas instansi dan masyarakat.

“Saya dipertemukan dengan prajurit yang hebat sehingga saya menjadi seperti ini. Kebetulan saya digantikan oleh adik saya, saya yakin penerus ini mempunyai visi yang lebih baik,” ungkapnya.

Ditambahkannya, selama bertugas di Kota Batam, dan Tanjungpinang sebelumnya, ia memohon maaf bila ada komunikasi yang kurang berkenan.

“Kami mohon maaf bila ada komunikasi yang tidak berkenan di hati masyarakat Batam. Semoga silaturahmi kita terus berjalan,” imbuhnya.

Kemudian, Pemerintah Kota Batam yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid menyampaikan, Pemko Batam mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat yang baru bagi komandan batalyon yang lama.

Jalinan silaturahmi yang selama ini cukup erat, kiranya bisa terus dilanjutkan oleh yang baru.

Kepri pada umumnya mempunyai hubungan forkopimda yang sangat harmonis. Terlbih Kota Batam, jalinan komunikasi sangat hangat,” kata Jefridin dalam sambutannya.

Dengan kekompakan itu, lanjut jefridin, sehingga apa pun permasalahan di Batam bisa terselesaikan. Menurutnya, Batam merupakan miniatur Indonesia.

Bahakan ada yang berpendapat, Batam merupakan miniatur Dunia, dengan adanya lebih dari 5000 pekerja asing dari berbagai negara di Batam, hal itu membuat Kota ini semakin majmuk.

“Dengan hadirnya Danyon yang baru, semoga kita semakin kompak. Batam ini sangat bersahabat bagi siapapun,” pungkas Jefridin Hamid.

Diketahui, berdasarkan Skep Kasal No: Kep/12/VII/2006 Tanggal 26 Juli 2006. dari Kompi C Yonmarhanlan I Belawan telah diresmikan, Yonmarhanlan VII Tanjungpinang dan pengangkatan jabatan Danyonmarhanlan VII di Lantamal VII Tanjungpinang, pada Selasa, 28 November 2006, oleh Dankormar saat itu Mayjen TNI (Mar) Safzen Noerdin,S.Ip. Komandan Batalyon yang pertama saat itu adalah Mayor Marinir Endang Taryo.

Berdasarkan Telegram Kasal Tanggal TR. 035 / Sren /0706 TWU.0713.101 tentang Perubahan Penomoran Lantamal, maka Penomoran Yonmarhanlan ototmatis berubah yang semula bernomor VII menjadi IV.

Seiring berjalannya waktu, dan dengan pergeserannya Lantamal IV ke Kota Batam, maka pada Senin tanggal 12 Desember 2022, secara resmi Batalyon Marinir Pertahanan pangkalan IV Bermarkas di Kota Batam. (dbs)

Pos terkait