๐“๐ž๐ซ๐ข๐ฆ๐š ๐Š๐ฎ๐ง๐ฃ๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ง ๐Š๐จ๐ง๐ฌ๐ฎ๐ฅ ๐€๐’, Wali Kota Batam Paparkan Potensi Pariwisata Batam

Walikota Batam, Muhammad Rudi didampingi sejumlah tim kerjanya menerima kunjungan konsulat Amerika Serikat di ruang kerjanya. foto ff
Walikota Batam, Muhammad Rudi didampingi sejumlah tim kerjanya menerima kunjungan konsulat Amerika Serikat di ruang kerjanya. foto ff

Detak News, BATAM โ€“ Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, memaparkan sejumlah potensi Kota Batam di bidang pariwisata hingga investasi. Ia berharap, dengan kunjungan tersebut makin terjalin hubungan antara Pemko Batam dengan Konsulat AS Medan.

Demikian disampaikan saat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Konsul Amerika Serikat (AS) di Konsulat AS Medan, Bernard C. Uadan, di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (25/10/2023).

Bacaan Lainnya

โ€œBatam sedang gencar membangun demi peningkatan ekonomi dan investasi dan jadi daya tarik pariwisata,โ€ ujar Rudi.

Di sektor pariwisata, Batam saat ini sedang gencar mempercantik kota hingga pengembangan kawasan Bandara Hang Nadim sebagai pintu masuk Kota Batam. โ€œUntuk investasi, sejumlah kemudahan sudah dilakukan dan sejumlah infrastruktur di kawasan juga sudah dibangun,โ€ kata dia.

Rudi pun mengapresiasi para investor dari Amerika yang saat ini masih termasuk 10 besar investor di Kota Batam. Sesuai catatan, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, realisasi investasi terjadi peningkatan proyek sepanjang Semester I (Januari-Juni) 2023.

โ€œBatam jadi tujuan investasi ditengah perubahan dan kemajuan Kota Batam saat ini,โ€ katanya.

Dari data sama, negara-negara dengan nilai investasi terbesar di Batam, di antaranya Singapura mencapai USD 100.607,6 juta dengan nilai proyek sebanyak 455. Kemudian, Perancis dengan nilai USD 29.119,4 juta dan Hongkong sebanyak USD 15.945,6 juta.

Selain itu, Tiongkok (USD 6.422,9 juta), Jerman (USD 5.052,4 juta), Malaysia (USD 4.105,3 juta), Amerika Serikat (USD 2.791,7 juta), Jepang (USD 1.981,7 juta), Swiss (USD 1.805,3 juta), dan Kepulauan Virgin Inggris (USD 675,0 juta).

โ€œKami terus berupaya meningkatkan investasi di Batam demi kesejahteraan masyarakat Kota Batam,โ€ katanya.

Sementara itu, Konsulat AS Medan, Bernard C. Uadan mengapresiasi sambutan hangat dari Wali Kota Batam. (mc/ay)

Pos terkait