ACC Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Ekowisata Pandang Tak Jemu Batam

Karyawan ACC turun langsung menanam pohon mangrove. Foto ist
Karyawan ACC turun langsung menanam pohon mangrove. Foto ist

Detak News, BATAM – Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan pertama Astra, menanam 1.000 Pohon Mangrove di Ecowisata Pandang Tak Jemu, Batam. Ekowisata Pandang Tak Jemu ini juga merupakan salah satu Kampung Berseri Astra yang berlokasi di Kampung Tua Bakau Serip, Batam.

Branch Manager ACC Batam Doni Arindy, Customer Retention & Service Head Pascal Vinsensius dan AR Management Head Harrisman Yudi beserta karyawan ACC Batam secara langsung ikut menanam Pohon Mangrove pada tanggal 25 September 2023.

Bacaan Lainnya

Branch Manager ACC Batam Doni Arindy mengatakan bahwa kegiatan penanaman 1.000 Pohon Mangrove ini adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan dukungan ACC terhadap Kampung Berseri Astra Tua Bakau Serip.

Kampung Tua Bakau Serip ini memiliki Ekowisata Mangrove Pandang Tak Jemu yang memang masih membutuhkan Pohon Mangrove untuk ditanam sehingga ACC membantu menanam 1.000 Pohon Mangrove, ujar Doni.

Pohon Mangrove memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) dan penghasil oksigen (O2). Hutan Mangrove juga mampu menahan abrasi air laut selain berperan juga sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut.

Kegiatan penanam Pohon Mangrove ini merupakan bagian dari Pilar Lingkungan CSR ACC. ACC memiliki 4 Pilar Kegiatan CSR yaitu Pilar Pendidikan, Pilar Kesehatan, Pilar Lingkungan dan juga Pilar UMKM. Selain itu, penanaman 1.000 Pohon Mangrove ini juga merupakan sustainability movement dari ACC yang merupakan komitmen ACC terhadap sustainability aspirations ASTRA.

Sustainability Movement For A Better Living

Sustainability saat ini menjadi isu yang sangat penting dan menjadi perhatian di masyarakat. ACC sebagai perusahaan pembiayaan juga ikut berkontribusi dalam mewujudkan operasional bisnis yang ramah lingkungan.

ACC mengemas program keberlanjutan ini dalam tajuk Sustainability Movement For A Better Living. Terdapat dua kegiatan utama yang dijalankan oleh ACC yaitu program penghijauan dan juga program pemasangan solar panel untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

ACC telah menyerahkan 600 bibit pohon langka dan bibit pohon produktif di wilayah Kampung Berseri Astra Lengkong Kulon. Selain itu ACC juga secara simbolis melakukan pemasangan solar panel di kantor cabang ACC setelah sebelumnya ACC juga melakukan pemasangan solar panel di kantor Berjalan Digital Operation Center, Yogyakarta.

Pemasangan solar panel ini berkontribusi terhadap lingkungan antara lain dengan membantu mengurangi karbon sebanyak 6 ton per tahun.

Pemasangan solar panel ini juga setara dengan menanam 287 pohon per tahun serta setara dengan mengurangi perjalanan kendaraan bermotor roda 4 sejauh 147,062 kilometer per tahun. Dengan program-program ini ACC ikut berperan serta dalam program sustainability yang sedang digalakkan oleh pemerintah serta mendukung sustainability aspirations ASTRA. (dbs)

Pos terkait