Dikukuhkan, Ketua DPRD Kota Batam Ucapkan Selamat ke Pengurus DMDI Kepri

Ketua DPRD Batam, Nuryanto bersama dengan Kapolresta Barelang, Kombes pol Nugroho Tri N berbincang dengan Muhammad Rudi, Ketua DMI Kepri. Foto bpbatam
Ketua DPRD Batam, Nuryanto bersama dengan Kapolresta Barelang, Kombes pol Nugroho Tri N berbincang dengan Muhammad Rudi, Ketua DMI Kepri. Foto bpbatam

Detak News, BATAM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam Nuryanto S.H., M.H. menyaksikan secara langsung Pelantikan Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Kepri masa khidmat 2023-2026, Selasa (25/7/2023) siang.

Acara pelantikan yang dilangsungkan di Ballroom Swiss-Belhotel Harbour bay Batam ini, berlangsung dengan suasana hangat penuh kekhidmatan.

Bacaan Lainnya

Belum lagi dengan kehadiran Presiden DMDI Tun Seri Setia DR.H.M. Ali Rustam beserta Sekjend DMDI Indonesia Datuk H. Said Aldi Al-Idrus beserta rombongan, dan beberapa tamu undangan dari Negara Malaysia dan Singapura, semakin menambah semaraknya acara pelantikan ini.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Nomor :
023/SK/sek/dmdi/VII/2023, tentang susunan kepengurusan dan personalia DMDI Provinsi Kepri masa khidmat 2023-2026 oleh Wakil Sekretaris DMDI Provinsi Kepri.

Dilanjutkan dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Presiden DMDI, TYT Tun Seri Setia Dr. H. Moch Ali Bin Mohd Rustam dan dilanjutkan penyerahan bendera pataka kepada Ketua Umum DMDI Provinsi Kepri HM Rudi.

Presiden DMDI, TYT Tun Seri Setia Dr. H. Moch Ali Bin Mohd Rustam mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus DMDI Kepri.

Pihaknya pun berharap, kehadiran pengurus baru DMDImampu memperkuat dan memegang amanat yang diberikan.

Ia menegaskan, DMDI ini sudah tersebar di 23 negara di dunia. Ia bahkan menegaskan, keberadaan DMDI akan menambah martabat masyarakat Melayu.

“Selamat atas dilantiknya para pengurus DMDI Kepri, tak kan Melayu hilang di bumi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto S.H., M.H. menyambut baik kehadiran pengurus DMDI Provinsi Kepri yang dinahkodai oleh HM Rudi yang baru saja dikukuhkan.

“Selamat atas pelantikan ini, semoga DMDI Provinsi Kepri dapat berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun Kepri, khususnya Kota Batam yang kita cintai menjadi Kota Idaman yang diidam-idamkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum DMDI, Dato’ Setia Amanah H. Muhammad Rudi yang meminta para pengurus yang dilantik, diharapkan mampu mencurahkan tenaga dan pemikirannya demi DMDI Kepri.

“Semoga, Pengurus baru DMDI bisa membawa DMDI lebih berjaya di Kepri,” ujar Rudi.

Rudi melanjutkan, setelah mendapat tanggung jawab besar ini, dirinya meminta doa dan restu ingin segera membentuk kepengurusan DMDI se-Provinsi Kepulauan Riau dengan mengajak dan menggandeng tokoh-tokoh Melayu Islam yang masih turut aktif berperan menghidupkan budaya Melayu di daerah Provinsi Kepulauan Riau.

“Ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya mengenai pandangan masyarakat tentang kemelayuan itu selalu identik sebagai simbolik dengan pakaian atau adat dan slogannya saja. Jauh dari itu, kemelayuan sejatinya mencerminkan keyakinan dan sikap yang mesti dibarengi dengan perbuatan yang Islami,” ujarnya.

Ke depan, Rudi ingin kepengurusan DMDI disejalankan menjadi organisasi berbasis kultur Melayu dan Islam yang besar, dapat berbaur dengan masyarakat dalam menyerap aspirasi-aspirasi melalui tokoh-tokoh Melayu.

“Yang tujuannya tentu untuk mengangkat tuah, derajat, harakat, serta martabat kaum Melayu dan dunia Islam yang ada khususnya di Provinsi Kepulauan Riau,” tegas Rudi.

Sebagaimana diketahui, DMDI adalah sebuah organisasi yang berdiri pada tahun 2000 dengan visi misi untuk menyatukan orang Melayu yang tersebar di seluruh dunia.

Hingga kini terdapat 23 Negara yang telah tergabung menjadi anggota DMDI diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Timor Leste, dan Belanda.(omk)

Pos terkait