Kemenag Kota Batam Sembelih 12 Ekor Hewan Kurban

Detak News, BATAM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam laksanakan penyembelihan hewan kurban dalam rangka hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah/2023 pada Jum’at (30/6/2023) pagi, bertempat di halaman mushola Kemenag Kota Batam, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Ketua Panitia Abdul Majid mengatakan ada 5 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang disembelih yang keseluruhannya adalah hasil dari tabungan setiap bulan para pegawai Kemenag Kota Batam.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah hewan qurban tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu”, ujar Abdul Majid.

Ditempat yang sama Kepala Subag Tata Usaha Kemenag Kota Batam Magdalena Silvia mengatakan, daging qurban tersebut akan disalurkan kepada seluruh mustaqim dengan total 350 orang, yaitu pegawai Kemenag, masyarakat sekitaran Kantor Kemenag, masyarakat pulau serta proposal yang masuk ke Kementerian Agama Kota Batam.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Dr. H. Zulkarnain, S.Ag., M.H mengatakan, Kemenag Kota Batam lagi semarakkan program tabungan qurban para pegawai. Dimana setiap bulannya para pegawai menyisikan sedikit rejeki untuk di tabung, dan tiap tahunnya akan digunakan untuk membeli hewan guna di kurbankan saat hari raya Idul Adha.

“Hewan yang di kurbankan hari ini adalah hasil tabungan qurban para pegawai, Alhamdulillah lebih banyak dari tahun lalu dan saya harapkan tiap tahunnya akan dilaksanakan serta tahun depan para pegawai lebih giat menabung, agar tahun depan dapat lebih banyak lagi hewan yang bisa di qurban kan,” ujar Zulkarnain kepada awak media.

Ia menambahkan, tahun ini, di Kota Batam total hewan yang di qurban kan meningkatkan yaitu 3668 ekor terdiri dari 1200 sapi dan 2468 kambing serta tempat sholat idul adha ada 630 sekian titik. Berarti dari tahun lalu ada peningkatan sekitar 400 ekor, itu artinya masyarakat Kota Batam semakin sejahtera.

“Hewan yang di qurbankan se-Kota Batam ada peningkatan dari tahun lalu, yang artinya masyarakat Kota Batam semakin sejahtera dan dapat berqurban. Dimana jika kita berqurban dengan menyisikan sedikit rejeki, maka kita akan semakin sejahtera dan mendapatkan rejeki lebih,” ujar Zulkarnain

Zulkarnain berharap semoga daging qurban ini menjadi berkah kepada para penerimanya. Sebanyak 350 orang yang akan kita salurkan dari pegawai maupun masyarakat sekitar kantor dan di pulau khususnya pulau Kasu.

“Kita akan terus memotivasi masyarakat agar terus berqurban tiap tahunnya. Bukan hanya berikan motivasi, kita juga tiap tahun akan selalu berqurban untuk masyarakat,” pungkasnya. (ea)

Pos terkait