Bersama HJN, Jefridin Turun Langsung Bagikan Takjil di Simpang Kepri Mall

Detak News, BATAM – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam, H. Jefridin Hamid bersama keluarga besar  Hulubalang Junjung Negeri (HJN) turun langsung membagikan takjil ke pengendara di simpang lampu merah Kepri Mall Batam, Minggu (9/4/2023) sore.

Tak tampak canggung sedikitpun, orang nomor tiga di Pemko Batam ini menyerahkan kotak takjil sembari menyapa masyarakat Batam.

Bacaan Lainnya

Tak sedikit pengendara jalan mengenal baik beliau, karenanya tak sedikit pula diantaranya mengabadikan moment tersebut.

Ditemui usai membagikan takjil tersebut, Jefridin mengaku, bagi-bagi takjil ini gawean Hulubalang Junjung Negeri (HJN) Kota Batam. Ia sebagai pembina, diminta ikut serta.

“Ada sekitar 500 kotak yang dibagikan sore ini,” jelas Jefridin.

Suami Hj Hariyanti Jefridin ini juga mengapresiasi kegiatan semacam ini. Menurutnya, Bulan Ramadan harus menumbuhkan semangat solidaritas sosial, hasil dari proses transendensi atau hablum minallah yang tampak dalam sifat kemanusiaan yang luhur atau hablum minannas.

“Dari kepedulian tersebut, akan muncul panggilan iman dan ketauhidan yang kuat sehingga membentuk solidaritas sosial yang kuat, jernih, dan serba baik,” terangnya.

Sekadar diketahui, berbagi takjil adalah memberi makanan untuk orang yang berpuasa menjelang berbuka dan hal ini merupakan perkara sunnah dan mendapatkan pahala orang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang tersebut.

Adapun salah satu amalan Ramadan adalah bersikap pemurah atau dermawan. Sedekah dan kedermawanan sejatinya amalan yang tidak dibatasi ruang dan waktu, kapan saja dan di mana saja, ibadah ini bisa dilakukan kepada siapa saja, terutama yang membutuhkan.

Puasa sendiri melatih umat Islam untuk menjadi insan yang mampu berempati, merasakan derita sesamanya.

Hal ini diharapkan melahirkan sikap ta’awun, yakni semangat saling menolong dan bekerja sama dengan orang lain secara tulus dan baik.

Orang yang kaya berbagi dengan saudaranya yang fakir dan miskin. Mereka yang berilmu, selayaknya bisa berbagai pengetahuan dengan orang lain.

Dan orang yang sedang mendapat amanah kekuasaan, sudah seharusnya menyejahterakan masyarakatnya. (ays/onnesia)

Pos terkait