Usai Dilantik, Kepengurusan RT 3 Victoria Teguhkan Tekad Jalankan Amanah

Sekda Batam Jefridin Hamid, Camat Sekupang Tatang Wahyudi, Lurah Tanjung Riau Afrizon Djohar bersama tamu VIP di acara pengukuhan Pengurus RT 3 Victoria dan peresmian Fasum RT 3 RW 16 Taman Victoria Tanjung Riau. Foto rmd
Sekda Batam Jefridin Hamid, Camat Sekupang Tatang Wahyudi, Lurah Tanjung Riau Afrizon Djohar bersama tamu VIP di acara pengukuhan Pengurus RT 3 Victoria dan peresmian Fasum RT 3 RW 16 Taman Victoria Tanjung Riau. Foto rmd

Detak News, BATAM – Walikota Batam, Muhammad Rudi melalui Lurah Tanjung Riau, Afrizon Djohar mengukuhkan kepengurusan RT 03, RW 016 Perumahan Taman Victoria, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Selasa (20/12/2022) malam, di Fasum RT 03, RW 016.

Pengukuhan ini disejalankan dengan agenda silaturahmi Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, Marlin Agustina dan Walikota Batam, Muhammad Rudi bersama warga perumahan Taman Victoria, Kelurahan Tanjung Riau, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid, sekaligus peresmian Fasum RT 03 RW 016 Victoria.

Bacaan Lainnya

Tiga rangkaian acara tersebut turut dihadiri oleh Founder Tim R, Ahmad Rosano, Camat Sekupang, Tatang Wahyudi, Koordinator FKRTRW Sekupang, Fery, Koordinator FKRTRW Tanjung Riau, Nasir, belasan Srikandi Mabes dan segenap Ketua RT RW se- Tanjung Riau serta para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama yang ada Tanjung Riau.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid menyampaikan permohonan maaf ketidak hadiran Wagub Kepri dan Walikota Batam Ex officio BP Batam di acara silaturahmi bersama warga perumahan Taman Victoria, seyogyanya belia kepingin sekali hadir di acara ini, namun secara mendadak beliau menghadiri rapat di Jakarta.

“Kita sudah merencanakan tetapi Allah, Subḥānahu Wata’ala yang menentukan,” Jefridin.

Disampaikan bahwa Walikota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan selamat kepada Amir Yunus atas terpilih sebagai Ketua RT beserta pengurus dan perangkat RT 03. RW 16 dengan harapan semua yang dilantik dapat bekerja sesuai dengan poksi masing-masing, sesuai dengan tugasnya. Tidak kalah penting dari itu adalah amanah dalam mengemban tugas.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa RT/RW sesuai dengan Perwako (Peraturan Wali Kota) turunan dari Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) bahwa perangkat yang paling bawah yang tugasnya adalah untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan pembangunan.

“RT/RW, Lurah dan Camat dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus singkron. Karena anda-anda semua tanpa terkecuali adalah duplikat Walikota. Jadi semua harus bekerja sesuai dengan aturan dan tidak ada yang bertentangan dengan Walikota Batam,” tegas Jefridin

“Jika RT/RW tidak sejalan dalam bekerja pada Wali Kota Batam, Lurah harus memperhatikan SK nya,” canda Jefridin.

Terkait dengan permintaan RW.016 dalam sambutanya kepada Wali Kota Batam yang diwakili Sekda ada beberapa permintaan diantaranya, perbaikan jalan, gorong-gorong dan penambahan ruang kelas SD Negeri, hal senada akan kita sampaikan pada Wali Kota Batam dan ini sudah sebagai tanggung jawab pemerintah. Jelasnya.

Perlu diketahui untuk anggaran pendidikan dari APBD Kota Batam, pemerintah telah menganggarkan sebesar 20% bahkan lebih. Paparnya.

Wali Kota Batam pada tahun depan akan menganggarkan setiap kelurahan sebesar Rp3.000.000.000. Artinya ini semua agar pembangunan dapat di rasakan masyarakat secara merata. Pungkasnya.

Ketua RT 03/016, Amir Yunus mengucapkan terimakasih kepada Walikota Batam, khususnya ke Sekdako Batam atas kehadirannya di Victoria.

“Pengukuhan ini sifatnya seremonial belaka, yang terpenting setelah ini kami semua tentu siap siaga menjalankan amanah pimpinan, dalam hal ini amanah Walikota melalu pak Lurah,” ungkap Amir.

Dijelaskan, bahwa sesuai Perwako Batam nomor 22 tahun 2020 ada tiga (3) tugas pokok dan tanggung jawab sebagai RT. Pertamina menjaga kerukunan warga, menjembatani kebutuhan warga dan memfasilitasi usulan pembangunan.

“Saya harus memastikan bagaimana pembangunan di RT ini berjalan maksimal, bagaimana kepentingan administrasi warga terlayani dan terpenting memastikan kerukunan warga,” terangnya.

Harapannya kedepan kita semakin kompak, bersinergi dengan pemerintah. Pembangunan dapat terwujud dan sampai di tengah-tengah masyarakat. Sehingga apa yang menjadi idaman Wali Kota Batam, Batam sebagai kota moderen dapat terwujud dan bersama dirasakan oleh masyarakat.

Peresmian Fasum dan Pengukuhan ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue tart sebagai wujud syukur dan terimakasih. Serta penampilan sejumlah tarian kreasi anak-anak RT 3. (dbs)

Pos terkait