Batam Juara Umum Porprov Bintan, Lingga Tuan Rumah Porprov VI

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama segenap Ketua KONI Kabupaten Kota dalam sesi penutupan Porprov V Kepri di stadion Megat Alang Perkasa, Busung Bintan. foto bay
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama segenap Ketua KONI Kabupaten Kota dalam sesi penutupan Porprov V Kepri di stadion Megat Alang Perkasa, Busung Bintan. foto bay

Detak News, BINTAN – Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad menutup secara resmi pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Kepri tahun 2022 di Kabupaten Bintan.

Prosesi penutupan Poprov V Kepri di Bintan, Sabtu (12/11/2022) sore di Stadion Megat Alang Perkasa, Desa Busung Bintan ditandai dengan pengumuman dari Pengurus Besar (PB) Porprov bahwa  Kontingen Batam sebagai Juara Umum dan sekaligus mengumumkan Kabupaten Lingga sebagai tuan rumah Porprov VI .

Bacaan Lainnya

Data dari PB Porprov Kepri Sabtu (12/11/2022) sekira pukul 16.00 WIB perolehan medali untuk Kota Batam sebanyak 156 medali emas, 78 medali perak, 63 medali perunggu, sehingga secara total Batam meraih 297 medali.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama segenap panitia pelaksanaan Porprov Kepri V di Bintan. foto bay
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama segenap panitia pelaksanaan Porprov Kepri V di Bintan. foto bay

Posisi kedua ditempat ibukota Provinsi, yakni Kota Tanjungpinang dengan perolehan medali sebanyak 55 emas, 81 perak, 99 perunggu, sehingga total medali yang berhasil dikumpulkan 235 medali.

Posisi Ketiga ditempati tuan rumah Kabupaten Bintang, dengan perolehan medali sebanyak 53 emas, 57 perak, 83 perunggu sehingga totalnya 193 medali.

Posisi Keempat ditempati Karimun dengan perolehan medali sebanyak 24 emas, 39 perak, 73 perunggu, sehingga totalnya 136 medali.

Posisi Kelima ditempati Lingga dengan perolehan medali sebanyak 21 emas, 38 perak, 56 perunggu, sehingga totalnya 115 medali.

Posisi Keenam ditempati Anambas dengan perolehan medali sebanyak 6 emas, 5 perak, 13 perunggu sehingga dengan totalnya 24 medali.

Posisi Ketujuh ditempati Natuna dengan perolehan medali sebanyak 3 emas, 20 perak, 37 perunggu, sehingga totalnya mencapai 60 medali.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan bahwa proses penjaringan atlet profesional melalui Porprov Kepri, membuktikan banyak potensi atlet berprestasi di Kepri dapat bersaing di kancah Nasional dan Internasional.

“Dengan jumlah 35 Cabor, dan total 1.147 medali yang diperebutkan oleh atlit dari kabupaten atau kota se-Kepri. Menjadi bukti bahwa generasi muda di Kepri sangat banyak yang berbakat, harapan kita semua kalian dapat terus berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional, teruslah membanggakan Kepri,” ujar Gubernur Ansar, saat penutupan Porprov Kepri ke V Bintan Tahun 2022.

Pernyataan Gubernur Ansar tersebut, sontak membuat suasana semakin hingar bingar dari teriakan para atlet yang senang mendengar pernyataan Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga berpesan kepada pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten atau kota, Official, serta pelatih untuk terus memperhatikan pendidikan dan pelatihan atlet di kabupaten atau kota.

“Saya berpesan, kepada pengurus KONI Provinsi Kepri, dan yang di kabupaten atau kota untuk terus memperhatikan atlet-atlet kita, terus kembangkan potensi-potensi mereka hingga dapat bersaing di kancah yang lebih tinggi,” pesan Gubernur Ansar.

Terakhir, Gubernur Ansar menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang dan menyatakan bahwa atlet Kepri yang meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 mendatang akan mendapatkan bonus 350 juta.

“Selamat saya ucapkan kepada para pemenang, dan untuk memacu semangat atlet. Pemprov Kepri meningkatkan jumlah bonus bagi para pemenang PON dari yang awalnya 250 Juta menjadi 350 Juta bagi yang sukses meraih medali emas di PON 2024 mendatang,” tegas Gubernur Ansar.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Besar (PB) Porprov Kepri V Bintan 2022 selaku pelaksana, Dadang AG menyebutkan perolehan medali dari kabupaten atau kota se-Kepri dan mengumumkan Tuan Rumah Porprov Kepri VI tahun 2026.

“Juara umum pertama yaitu Kota Batam disusul Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sebagai Juara Umum ke III, dan sesuai hasil putusan rapat KONI Provinsi dan kabupaten atau kota nantinya pada tahun 2026 Porprov Kepri akan kita gelar di Kabupaten Lingga,” tegasnya.

Lingga Tuan Rumah Porprov Kepri ke VI 2026

Kabupaten Lingga diputuskan untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepri 2026 mendatang.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat yang dihadiri para kadispora kabupaten dan kota di Kepri, PB Porprov, KONI Kepri, Ketua kontingan kabupaten/kota di Kepri, Sabtu (12/11/22) di Comforta Hotel, Tanjungpinang.

“Dengan ini kita beri kesempatan Lingga untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Porprov Kepri berikutnya. Dan kami minta agar Lingga segera mempersiapkan diri, baik berupa fasilitas olahraga maupun pendanaan,” ujar Dadang HZ Ketua PB Porprov V Kepri 2022, sekaligus memimpin jalannya rapat.

Ketua Umum KONI Batam, Iskandar Alamsyah menyambut positif keinginan Lingga menjadi tuan rumah Porprov Kepri berikutnya. Iskandar meminta agar Lingga dapat mempersiapkan diri dengan baik.

“Silahkan persiapkan diri dalam dua tahun kedepan. Jika nanti berdasarkan pengamatan dan peninjauan yang dilakukan benar-benar siap, kami akan mendukung sepenuhnya,” ujar Iskandar.

Jika Lingga diputuskan sebagai tuan rumah Kepri VI, menjadikan Lingga sebagai tuan rumah pertama sepanjang pelaksanaan Porprov Kepri.(*)

KONI Kepri Sampaikan Terimakasih

Ditempat yang sama, Ketua Umum KONI Kepri, Usep RS mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh ketua KONI kabupaten kota, dan juga para ketua Pengcab dan Pengprov atas sinergitas mensukseskan Porprov V Kepri.

“Berdasarkan hasil evaluasi, pelaksanaan berjalan lancar dan sesuai jadwal, tentu tak lepas dari peran semua Ketua KONI kabupaten kota dan para ketua Pengcab dan Pengprov,” ungkapnya.

Pelaksanaan Porprov ini, lanjutnya menjadi tolak ukur menuju ajang yang lebih tinggi, yakni Porwil dan lolos PON. Para peraih medali akan mewakili Provinsi Kepri di dua ajang tersebut.

“Selamat untuk para pemenang karena anda lah nanti yang akan mewakili Provinsi Kepri di ajang Porwil dan Pra PON,” pungkasnya.(*)

Editor: ayunus

Pos terkait