Rumah Nyaris Nyemplung ke Sungai, Warga Minta Perhatian Pemerintah

Rumah salah seorang warga nyaris nyemplung ke sungai setelah terjadi longsor karena hujan deras. foto Berry
Rumah salah seorang warga nyaris nyemplung ke sungai setelah terjadi longsor karena hujan deras. foto Berry

Detak News, MUBA – Tanah Longsor dibawah Alay RT 014, RW 005 atau tepatnya di Jalan Merdeka LK 2 Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan menyebabkan rumah milik Iskandar (67) hampir terjatuh ke Sungai Musi.

Karenanya, Iskandar bersama keluarganya harus mengungsi mencari kontrakan. Peristiwa disebabkan oleh hujan deras yang terjadi Selasa (31/5/2022) dini hari sekira pukul 02.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Kepada media, Iskandar menceritakan bahwa kejadian tersebut sekitar pukul 02.00 WIB saat turun hujan, dimana dia bersama keluarganya berempat di dalam rumah terbangun dari tidur karena suara gemuruh tanah longsor.

“Terdengar gemuruh tanah dan rumah goyang, kami mengeluarkan barang-barang yang ada di rumah kami agar tidak terlalu berat, kalau tidak dikeluarkan bisa jadi rumah kami terjatuh ke sungai seisi rumah,” ujar Iskandar, Selasa (31/5/2022) pagi.

Diakui Iskandar, keluarganya terpaksa mengungsi, namun sampai saat ini ia sendiri belum tau mau mengungsi kemana.

“Mau ngontrak uang tidak ada. Kami berharap adanya perhatian dari pemerintah, kami minta tolong dengan pemerintah, karena tidak mungkin kami tetap disini dengan kondisi rumah kami yang hampir terjatuh ini,” ceritanya.

Sementara itu, pihak dari kelurahan Balai Agung, Masdiana yang berada di lokasi kejadian tersebut saat diwawancarai awak media ini mengatakan pihaknya diberitahu oleh pak RT 14, RW 5, yakni Saipul bahwasanya ada kejadian longsor.

“Kami paling mengajukan bantuan ke Dinas Sosial atau baznas, itulah kami perlu kartu keluarga dan KTP untuk warga ini. Untuk sementara kami pihak kelurahan mendata dulu,” ungkap dia.

Diwaktu dan tempat yang sama, RT 14, RW 5 Saipul menyebutkan kalau terkait kejadiannya kira-kira mulai sekitar jam 02.00 WIB. Namun sekitar pukul 05.30 WIB terjadinya longsor ini.

“Upaya dari kami menyangkut musibah ini yaitu evakuasi tindaklanjut penyelamatan saja,” imbuhnya. (bry)

Editor: ayunus

Pos terkait