9 WNA Pakistan Diamankan Satpol Air Polresta Barelang di Perairan Nongsa Batam

Proses penangkapan 9 WNA Pakistan. Ist
Proses penangkapan 9 WNA Pakistan. Ist

Detak news, BATAM – Sebanyak orang Warga Negara Asing (WNA) Pakistan diamankan oleh Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polresta Barelang, di Perairan Nongsa, Kamis (5/8/2021) pukul 07.00 WIB.

Ke-9 WNA Pakistan adalah Anak Buah Kapal (ABK) MT Metis, mereka diamankan saat Lego jangkar.

Bacaan Lainnya

Informasi dihimpun, ABK tersebut akan masuk ke Pelabuhan Makobar Batuampar, Kota Batam, Kepri.

Pada saat dilakukan penangkapan, pihak agen tidak bisa menunjukan dokumen dengan alasan ada di kantor dan tidak dibawa di kapal.

Dijelaskan Kasat Polairud Polresta Barelang AKP Syaiful Badawi, kronologis penangkapan yakni pada Kamis (5/8/2021) sekira pukul 03.30 WIB Agen PT Trans Shiping Sokhifao menjemput 9 WNA Pakistan menggunakan speedboat yakni SB Sea Elephant. Kemudian, Dia menjemput kru kapal turun dari Kapal MT Metis yang lego jangkar di Perairan Nongsa

Sewaktu SB Sea Elephant berlayar menuju Pelabuhan Makobar Batuampar, di Perairan Batuampar Tim Subdit Gakkum Sat Polairud Polresta Barelang melakukan pemeriksaan satu kapal yang mengangkut 9 orang WNA Pakistan selaku ABK Kapal MT Metis.

Kemudian 9 orang WNA beserta agen pelayaran diamankan ke Mako Sat Polairud Polresta Barelang guna pelaksanaan rapid antigen dan interogasi lebih lanjut.

Info yang dihimpun, agen pelayaran PT Trans Shiping terhadap 9 orang WNA Pakistan ini yang turun dari Perairan Batuampar Batam menuju Pelabuhan Makobar Batu Ampar, Batam, Kepri dengan alasan menuju Hotel Harris Batam Centre,  Batam, Kepri.

Saat ini pihak Kepolisian melaksanakan interogasi terhadap agen pelayaran PT Trans Shiping. Ke-9 orang ini telah diinterogasi dan melaksanakan koordinasi dengan instansi Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri. (r/dbs)

Pos terkait