Pengisian Kursi Wawako Tpi, Gerindra akan Minta Penjadwalan ke DPRD

Dfetaknews.co.id, Batam – Kekosongan kursi Wakil Walikota (Wawako) Kota Tanjungpinang (Tpi) yang sudah berlangsung sekitar 8 bulan, menjadi tanggungjawab partai pengusung pasangan Syahrul-Rahma untuk segera melakukan pengisian sesuai tahapan dan mekanisme

Sebagaimana kita ketahui Walikota sebelumnya, M Syahrul meninggal dunia pada akhir April 2020 lalu, kemudian Wakilnya, Rahma naik menjadi Walikota definitif. Sehingga terjadi kekosongan jabatan Wawako Tanjungpinang.

Bacaan Lainnya

Ditemui di bilangan Batam Center, Bendahara Gerindra Kepri, Nyanyang Haris Pratamura mengatakan bahwa partainya terus mengawal proses pengisian kursi Wakil Walikota Tanjungpinang, apalagi jauh-jauh hari mereka sudah mempersiapkan kadernya untuk mengisi posisi tersebut.

“Kami terus mengawal, dan bulan ini (Januari, red) kami akan mengajukan penjadwalan ke DPRD Tanjungpinang,” ungkap Anggota DPRD Kepri ini ke Haluan Kepri, Senin (4/1/20) sore.

Dijelaskan Nyanyang Haris Pratamura, bahwa tahapan demi tahapan sudah dilalui, dan saat ini memasuki tahap menyurati DPRD Tanjungpinang untuk meminta penjadwalan paripurna istimewa untuk menentukan Wakil Walikota definitif.

“Tahapan demi tahapan sudah dilalui, DPC sudah mengajukan nama ke DPD, dan DPD sudah merekomendasikan ke DPP, dan terakhir DPP pada Juni lalu sudah merekomendasikan satu nama,” terang Nyanyang.

Dan ketika ditanya apakah nama tersebut bisa berubah? secara politis mantan Anggota DPRD Batam ini menjawab masih bisa berubah, karena menurutnya tidak menutup kemungkinan ada yang melakukan loby ke DPP berbekal kedekatan.

“Bisa saja DPP melakukan evaluasi, selama nama itu belum ditetapkan di Paripurna DPRD Tanjungpinang,” ungkapnya.

Sebagaimana sudah beredar pada Juni lalu, bahwa satu nama yang direkomendasikan oleh DPP Gerindra untuk pengisian kursi Wakil Walikota Tanjungpinang, adalah Ketua DPC Gerindra Tanjungpinang yakni Endang Abdullah.

Informasi yang dihimpun media ini, bahwa kursi Wakil Walikota Tanjungpinang juga menjadi incaran Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai partai pengusung utama Syahrul-Rahma. Dan satu nama yang sangat santer disebut adalah Ade Angga yang tak lain adalah kader terbaik Golkar Tanjungpinang.

Banyak pihak memprediksi perebutan kursi Wakil Walikota Tanjungpinang akan berlangsung seru, terlebih Ade Angga merupakan Wakil Ketua DPRD Tanjungpinang dan punya kedekatan dengan Ansar Ahmad yang notabene adalah Gubernur Kepri hasil Pilkada September 2020 lalu.

Karenanya, pengisian kursi Wawako Tpi sangat menarik dan ditunggu publik. (r/dbs)

Pos terkait