Kriteria Kandidat Ketua PKB Batam, ABAH: Bisa Besarkan Partai dan Diterima PAC

DDetaknews.co.id, Batam – Kekosongan kursi Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam, pasca meninggalnya ketua lama Almarhum Jeffry Simanjuntak karena serangan jantung pada 10 Desember lalu, meninggalkan luka mendalam dan sekaligus membuka ruang semua kader untuk bersaing mendapatkan amanah pucuk pimpinan PKB Batam

Tak elak lagi, prediksi siapa kandidat yang dinilai paling tepat mengisi kekosongan pucuk pimpinan tersebut bermunculan. Sejumlah kader yang mengisi struktur DPC PKB Batam mulai disebut namanya, begitu juga Anggota fraksi yang duduk di DPRD Kota Batam.

Bacaan Lainnya

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi Kepri, Abdul Basit Haz atau yang akrab disapa ABAH secara lugas mengatakan sejumlah kriteria kandidat yang layak memimpin PKB Batam, dua diantaranya punya kapasitas yang bisa membesarkan partai dan bisa diterima oleh semua Pengurus Anak Cabang (PAC) di 12 Kecamatan.

“Yang punya kemampuan membesarkan partai, dan bisa diterima oleh seluruh PAC,” ungkap ABAH ke media, Selasa sore (28/12) melalui sambungan telepon.

Meski tidak diuraikan secara detail siapa orangnya, namun ABAH mengaku menaruh harapan besar pada dua Anggota Fraksi PKB di DPRD Batam, yakni Hendrik dan Aman. Meski ia mengaku tidak mengesampingkan kader lain, sebab menurutnya ia memberikan laluan kepada semuanya.

“Kita menaruh harapan di Anggota Dewan (DPRD Batam, red) yang duduk sekarang, ada pak Aman dan pak Hendrik,” ungkapnya.

“Kriteria lainnya, punya loyalitas terhadap partai,” ujarnya.

Masih kata Abah, bahwa kepengurusan DPC PKB Batam saat ini diambil alih oleh DPP, sampai adanya kepengurusan yang defenitif. Dan sesuai rencana Musyawarah Cabang (Muscab) akan digelar pada Maret 2021 mendatang.

Apa yang diuraikan oleh Ketua DPW PKB Provinsi Kepri, senada dengan analisa Pengamat Politik dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Adji Suradji Muhammad yang lugas mengatakan bahwa DPC PKB Batam harus selektif memilih ketua yang baru.

Dijelaskan, bahwa PKB harus benar-benar menggunakan mikroskop politiknya dalam menseleksi kader yang mumpuni untuk menjadi nakhoda Partai besutan Mantan Presiden Indonesia, Almarhum Gus Dur ini.

Terlebih, kata pria yang akrab disapa Suradji ini, Kota Batam merupakan wilayah yang mendominasi pemilih di Provinsi Kepuluan Riau (Kepri), sehingga dibutuhkan figur yang kuat di DPC PKB Kota Batam.

“Harus selektif, karena ini menyangkut kepentingan 2024 mendatang,” pungkasnya. (r/ys)

Pos terkait