Peringati Hari Pahlawan, Marinir SBY 10 Goro di Piayu

 

Detaknews.co.id, BATAM – Momentum Hari Pahlawan yang jatuh  10 November 2020 ini dimanfaatkan oleh Prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha (SBY) dengan menggelar Bakti Sosial (Baksos) berupa gotong-royong pembersihan lokasi, dan renovasi Lapangan Sepakbola Usman Harun di Kavling Sei Pancur, Kecamatan Sei Beduk, Kelurahan Tanjung Piayu, Piayu, Kota Batam bersama masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri Marinir 10/Satria Bhumi Yudha (SBY), Letkol Marinir Alim Firdaus  yang hadir langsung ke lokasi untuk melihat langsung jalannya kegiatan pembersihan lokasi Lapangan Sepakbola Usman Harun Sungai Beduk.

Letkol Marinir Alim Firdaus berharap peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum untuk meningkatkan semangat gotong royong khususnya untuk memutus dan menyelesaikan Covid-19 dengan selalu menerapkan dan mematuhi Protokol Kesehatan.

Alim mengatakan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini ada yang berbeda dari tahun sebelumnya, karena saat ini, Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Peringatan Hari Pahlawan di masa pandemi Covid-19 menjadi sebuah semangat dan tekad kita untuk selalu bergotong royong dan meneruskan jasa-jasa para pahlawan dengan kerja nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Alim di lokasi, saat diwawancarai sejumlah awak media, Selasa (10/11/2020) pagi.

Lebih lanjut dikatakan Alim, dipilihnya Lapangan Sepakbola Usman Harun ini karena memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat khususnya Kecamatan Sungai Beduk dan Kota Batam umumnya serta bagi prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY sehingga momentum Hari Pahlawan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Jajaran Marinir 10/SBY.

“Kegiatan kita (Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY) hari ini adalah bersih-bersih lingkungan. Kebetulan ini adalah lapangan Usman Harun, lapangan yang bersejarah buat Kecamatan Sei Beduk ataupun Kota Batam atau bagi kami Marinir, sehingga kita melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar sini (Sungai Beduk) yang mana harapan kita lapangan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat sekitarnya,” ujar Letkol Marinir Alim Firdaus.

Disampaikan Danyon Infanteri Marinir 10/SBY bahwa agenda kegiatan tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Marinir ke 75 yang mana seyogyanya dilaksanakan pada tanggal tanggal 15 November 2020 nanti. Akan tetapi, dilaksanakan nanti pada tanggal 16 November secara virtual (daring/online).

“Jadi momen 10 November ini, kami manfaatkan selain memperingati Hari Pahlawan, tadi pagi kami juga melaksanakan upacara bendera dan membacakan amanat Menteri Sosial. Kemudian kegiatan lainnya, rekan-rekan kita (Marinir) juga melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Batam,” ucapnya.

Adapun sebanyak kurang lebih 100 prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY yang dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial di Lapangan Sepakbola Usman Harun Kecamatan Sei Beduk, Kelurahan Tanjung Piayu, Piayu, Kota Batam tersebut.

“Kegiatan sebelumnya, kami mengadakan kegiatan lomba-lomba bagi rekan-rekan awak media di Batam. Momen seperti ini kita lakukan untuk membangun silahturahmi. Nanti juga kita akan ada kegiatan panen ketahanan pangan yang sudah dilakukan, dan nanti kedepan juga kami akan merencanakan pameran senjata maupun donor darah juga,” ujarnya.

Usai mendapat pengarahan dan pembagian tugas dari Danton Tiga Kompi Charlie, prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY segera menuju titik lokasi yang telah diarahkan untuk dilakukan pembersihan.

Di lokasi yang sama, Camat Sungai Beduk, Ghufron, S,E. menyampaikan ucapan terimakasih atas apa yang telah dilakukan oleh Prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY dihari momentum Hari Pahlawan ini.

“Saya mewakili warga kecamatan Sungai Beduk, mengucapkan terimakasih kepada Marinir yang mana Bapak Danyon turun langsung ke lokasi untuk melihat dalam pelaksanaan bakti sosial. Hal ini supaya warga dsn anggota Marinir saling menjaga lapangan yang sudah ada ini (Usman Harun). Dan mudah-mudahan bisa dimanfaatkan segala sesuatunya,” ujar Ghufron.

Ghufron berharap kedepannya, dengan diadakannya kegiatan ini bisa lebih memperkuat tali silahturahmi antara warga Sungai Beduk dan anggota Marinir 10/SBY. Ia juga sangat mengapresiasi atas support dan dukungan kepada Bapak Danyon Infanteri Marinir 10/SBY.

“Saya mewakili atas nama warga, mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Korps Marinir yang ke 75, semoga Marinir Semakin Jaya Untuk Kita Semua,” tutup Ghufron, Camat Sungai Beduk.(mar)

Pos terkait