Antisipasi Covid 19 Polresta Barelang Lakukan penyemprotan Cairan Disinfektan

BATAM – Sebanyak 13 unit kendaraan milik Kepolisian Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang dikerahkan dalam kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di ruas jalan-jalan protokol Kota Batam, oleh Satuan Samapta Bhayangkara (Satsabhara) Polresta Barelang.

Kali ini penyemprotan dilakukan di Jalur Utama Nagoya, dimulai dari Simpang McDonald’s Sungai Jodoh menuju Apartemen Harmoni Lubuk Baja (Simpang Pos 904 Lubuk Baja), pada Sabtu (28/3/2020) malam.

Bacaan Lainnya

Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasat Sabhara) Polresta Barelang, Kompol Firdaus mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan sebagai bentuk upaya dalam pencegahan penyebaran corona virus disease (COVID-19).

“Sebelum memulai kegiatan penyemprotan disinfektan, kita lakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga masyarakat pengguna jalan,” kata Firdaus kepada Minggu (29/3/2020).

Dikatakannya, sebelum penyemprotan dilakukan, jalur jalan yang akan dilewati terlebih dahulu dikosongkan oleh petugas Satlantas Polresta Barelang.

“Setelah jalur dikosongkan, baru kita lakukan penyusunan untuk konvoi kendaraan dimulai dengan mobil Patwal sebagai pembuka jalan untuk dilalui. Selanjutnya tim Ranmor sebagai penerang lampu jalan, dilanjutkan dengan kendaraan Water Canon dan kendaraan Patwal penutup,” katanya.

Adapun armada kendaraan yang digunakan, yakni 2 unit Mobil Patwal Satlantas Polresta Barelang, 2 unit Ranmor Water Canon Satsabhara Polresta Barelang, 6 unit Ranmor Patroli Satsabhara Polresta Barelang, 1 unit mobil Penmas Satsabhara Polresta Barelang, dan 2 unit Ranmor (R6) dilengkapi lampu penerang jalan Satsabhara Polresta Barelang.

Kegiatan ini berbeda dengan yang dilakukan sebelumnya, pelaksanaan penyemprotan kali ini dilakukan langsung di 2 jalur secara bersamaan oleh petugas Satsabhara Polresta Barelang dengan 2 unit kendaraan Armoured Water Cannon (AWC) milik Satuan Samapta Bhayangkara Polresta Barelang.

“Yang pertama dari Simpang Mc Donald’s Sungai Jodoh sampai ke arah Apartemen Harmoni Lubuk Baja (Simpang Pos 904 Lubuk Baja) dengan kecepatan rendah sambil menyemprotkan cairan disinfektan ke badan jalan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, bahwa Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang telah menghimbau kepada masyarakat, akan menutup ruas jalan di kawasan Nagoya, pada Sabtu (28/3/2020) malam. Penutupan ini dilakukan karena kawasan tersebut akan dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polresta Barelang Kompol Yunita Stevany mengatakan pihaknya turun langsung kelapangan mensosialisasikan penutupan jalan tersebut. Selain untuk menyemprot disinfektan, tujuan menutup arus lalu lintas agar dapat mencegah perkembangan penyebaran Covid-19.

“Kami himbau juga kepada seluruh masyarakat, untuk tetap dirumah saja, mari kita bersama tekan penyebaran virus Korona khususnya di Kota Batam,” kata Yunita.

Dalam kegiatan tersebut diantaranya dihadiri oleh Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, Kabagops Polresta Barelang, Kasat Sabhara Polresta Barelang Kompol Firdaus, Kasiwas Polresta Barelang, Kanit Patroli Satlantas Polresta Barelang, Personil Satsabhara Polresta Barelang, Petugas Dokumentasi Polresta Barelang, 11 Personel dari Polsek Batuampar, dan 2 Personel Sipropam Polresta Barelang.

Pos terkait