Kalapas Batam Pastikan Warga Binaan Mendapatkan Hak Suara yang Sama

Kalapas Batam, Heri Kustria. Foto oke
Kalapas Batam, Heri Kustria. Foto oke

Detak News, BATAM – Kepala  Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas II A Batam, Heri Kusrita mengatakan bahwa warga binaan mendapatkan hak yang sama dalam Pemilu 14 Februari mendatang.

Kendati ada beberapa kendala dalam proses verifikasi data, namun warga binaan yang telah terdata dipastikan dapat menggunakan hak pilihnya, demikian disampaikan kepada media ini, di kantornya Jalan Lintas Barelang, Rabu (7/2/24) sore.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan ada 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus, sedangkan dari total warga binaan yang berjumlah 1.019 ada 577 DPT yang sudah terverifikasi dan beberapa ada yang terkendala terkait KTP dan ada yang belum pernah didata.

“Untuk DPTb ada 68 sedangkan sisanya belum terkonfirmasi dari KPU,” jelas Heri.

Heri menambahkan, untuk KPPS pada pemilu nanti yakni para pegawai Lapas yang kini telah diserahkan SK nya dan sudah ketahap Kelurahan untuk dilakukan sosialisasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya 3 TPS ini proses pemilihan di dalam Lapas Batam bisa aman, yang jelas kita tetap koordinasi dengan KPU,” tambah Heri.

Pihaknya memastikan untuk 3 TPS yang sudah disediakan akan mencukupi untuk jumlah warga binaan yang akan menggunakan hak suaranya, mengingat 1 TPS bisa memuat kapasitas hingga 300 pemilih.

“Kitapun tidak ada penerimaan narapidana baik dari Rutan maupun dari Lapas yang lain, karena sudah ditentukan bahwa satu bulan sebelum pemilihan, Lapas tidak boleh menerima warga binaan baru,” terang Heri.

Terkait pengamanan dalam proses Pemilu nanti, ia mengatakan tentunya melibatkan pihak kepolisan dan Brimob dimulai sejak H-2 hingga pelaksanaan Pemilu terlaksana.

Demi ketertiban Pemilu, Heri menyampaikan, pihaknya tidak menerima kunjungan membesuk di Lapas. Tepatnya saat proses pemilihan berjalan.

“Semoga semua berjalan lancar tidak ada satu kendala apapun hingga selesai”. Tutup Heri. (ea)

Pos terkait