Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2023, Ini Harapan Ketua DPRD Batam 

Detak News, SURABAYA – Menyambut Hari Pers Nasional 2023 yang akan digelar di Medan, Sumatera Utara, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam Nuryanto mengucapkan selamat dan berharap insan pers semakin sukses dan profesional.

“Dengan mengusung tema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat, kami berharap kedepannya insan pers di Kota Batam semakin profesional, dalam menyajikan produk jurnalistik,” terang Nuryanto, Selasa(7/2/2023) pagi.

Bacaan Lainnya

Dan mengajak insan pers untuk terus berkarya, menyajikan informasi berkualitas, mencerdaskan dengan memberitakan kebenaran, serta mengedukasi masyarakat.

“Semoga insan pers di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Batam bisa menjadi akselerator dan agen perubahan. Serta senantiasa menjadi garda terdepan dalam mencerahkan masyarakat, sebagai pilar keempat demokrasi,” ucapnya.

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dipusatkan di Sumatera Utara (Sumut) menjadi momen penting bagi para komponen pers di Tanah Air untuk menyampaikan 5 seruan pers.

Seruan Pers dari Sumut itu disampaikan wartawan senior, War Djamil, diikuti komponen pers yang hadir pada Seminar Seruan Pers dari Sumut di Hotel Grand Mercure, Kota Medan, Selasa (7/2/2023).

5 Seruan Pers yaitu, pertama, pers berkomitmen kejadian pada Pemilu (Pemilihan Umum) sebelumnya yang menyebabkan keterbelahan bangsa tidak terjadi kembali, sehingga pers tidak terseret menjadi buzzer salah satu pihak.

Kedua, pers selalu berkomitmen selalu berpegang pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam melakukan kerja jurnalistik. Ketiga, insan pers selalu menjaga komitmen menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Keempat, pers tidak terjebak pada euforia arus informasi sosial media yang sering berisi berita-berita yang kebenarannya susah dipertanggungjawabkan. Kelima, mendorong dewan pers untuk selalu menjaga marwah kehidupan pers Indonesia, agar tetap berdiri sebagai pilar demokrasi Indonesia.

“Untuk itu, menjelang Pemilu 2024 ini pers diharapkan menjadi pilar demokrasi. Sekali lagi, selamat Hari Pers Nasional 2023. Sukses selalu dan terus berkarya,” tegasnya. (hpn)

Pos terkait