Leo Anggra Pertanyakan Muncul Biaya dalam Pergantian Fuel Card Brizzi ke Fuel Card 3.0 Bukopin

Anggota DPRD Batam dari Fraksi PAN, Leo Anggra Syaputra SH.
Anggota DPRD Batam dari Fraksi PAN, Leo Anggra Syaputra SH.

Detak News, BATAM – Anggota Komisi II DPRD Batam, Leo Anggra Syaputra mempertanyakan munculnya biaya administrasi senilai Rp 4 ribu dalam program pergantian Fuel Card Brizzi BRI ke Fuel Card 3.0 produk Bank KB Bukopin.

Pasalnya kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Batam ini, diawal Pemerintah Kota (Pemko) melalui dinas terkait telah menegaskan bahwa pergantian tersebut gratis alias tidak dipungut biaya apapun.

Bacaan Lainnya

“Diawal sudah dijamin tidak ada biaya apapun, tapi dalam prakteknya setiap pergantian kartu dikenakan biaya Rp 4 ribu,” ungkap pria yang akrab disapa Leo ini, Rabu (1/2/2023) siang.

Ditemui di bilangan Kampus Universitas Batam (Uniba), Leo mengaku menerima keluhan dari sejumlah masyarakat yang sudah melakukan pergantian.

Dimana masyarakat merasa tertipu dengan adanya biaya administrasi tersebut, sebab dari awal mereka dijanjikan tidak ada biaya apapun alias gratis.

Meski nilainya kecil, namun menurutnya biaya administrasi tersebut tetap saja membebani masyarakat, dan dilain pihak ada yang mengambil keuntungan.

“Tidak perlu ada pergantian perbankan bilamana dalam pergantian ini malah menyebabkan kesulitan dan merugikan masyarakat,,” tegas Politisi muda Batam ini.

Selain karena adanya biaya administrasi, pelaksanaan pergantian ini terkesan penerima tanggung jawab tidak siap, pasalnya hingga saat ini proses pergantian tersebut belum sepenuhnya terealisasi.

Data yang dihimpun, dari 6 ribu kartu yang seharusnya diganti, saat ini baru sekitar 2 atau 3 ribu yang sudah berhasil dilakukan pergantian, sementara sisanya masih terkatung-katung.

Atas temuan tersebut, Leo melalui komisinya di DPRD Batam akan memanggil Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam sebagai penanggungjawab.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa Pemko Batam akan menonaktifkan penggunaan Fuel Card Brizzi, dan selanjutnya diganti dengan Fuel Card 3.0 produk Bank KB Bukopin

Proses registrasi ulang 16 November s/d 16 desember 2022, kemudian pada tanggal 17 Desember 2022 Fuel Card 3.0 diberlakukan secara efektif dan Fuel Card lama (Kuning) dinyatakan tidak berlaku. (ays)

Pos terkait