Imigrasi Batam Kreatif Melayani, Berikan Giveaway Paspor

Detak News, BATAM– Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam kreatif dalam memberi layanan kepada pemohon paspor dan dokumen perjalanan. Salah satu idola pemohon paspor adalah produk bersama antara Kantor Imigrasi Batam dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) TBK yang disebut Giveaway Paspor.

”Giveaway paspor diluncurkan sehubungan dengan peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73. Program ini dikhususkan untuk memberi apreasiasi kepada masyarakat pemohon paspor serta para pengguna layanan keimigrasian, khususnya penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam,” kata Kepala Kantor Imigrasi Batam, Subki Miuldi, didampingi Kepala Seksi Dokumen Perjalanan (Dokjal) Kantor Imigrasi Batam, Iqbal, Jumat, 3/2/2023.

Bacaan Lainnya

Program Giveaway Paspor ditujukan kepada pemohon paspor yang mengajukan permohonan paspor baru ataupun penggantian melalui aplikasi M-Paspor. Program itu diprioritaskan kepada lanjut usia (lansia), ibu hamil, bayi di bawah lima tahun (balita) dan kalangan berkebutuhan khusus (difabel). Program itu memberikan kesempatan untuk pemenang mendapatkan tabungan bank BNI46 senilai Rp350.000 (pemohon paspor biasa) dan Rp650.000 (pemohon paspor elektronik).

Program itu diberikan kepada kalangan diprioritaskan yang mengajukan paspor secara walk in. ”(Program) ini khususnya diluncurkan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73, sekaligus untuk mengapresiasi masyarakat yang telah menggunakan layanan keimigrasian, khususnya penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam,” ucap Iqbal.

Giveaway dilaksanakan dengan bekerjasama dengan BNI Cabang Batam, yang memberikan dana yang berasal dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang telah disetorkan dalam bentuk tabungan BNI Taplus. Sedangkan pemohon yang mengajukan melalui layanan walk in, kata Iqbal, merupakan pemohon paspor yang beruntung. ”Mereka akan dibayarkan PNBP paspor sesuai yang diajukan oleh Bank BNI,” jelas Iqbal.

Giveaway Berlangsung Meriah

Pelaksaan Giveaway Paspor berlangsung meriah. Masyarakat pemohon paspor sangat antusias dengan Giveaway yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Pemohon paspor dan dokumen keimigrasian mengapresiasi pelaksanaan Giveaway yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Salah satu pemenang Giveaway, Dwigita Primaisella, menyatakan apresiasi terhadap kegiatan giveaway serta menjelaskan bahwa pelayanan keimigrasian kini semakin lebih baik.

Dalam Program Giveaway itu, terdapat 20 orang yang menjadi pemenang, yang terdiri dari 18 pemenang dari pemohon M-Paspor dan 2 pemenang dari pemohon layanan prioritas. Salah satu pelayanan yang membuktikan Imigrasi berorientasi pelayanan, adalah pelayanan paspor di rumah sakit. Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam itu menyediakan pelayanan hingga ke Rumah Sakit Awal Bros dengan melayani orang sakit yang akan melakukan pengobatan di luar negeri.

”Alhamdulillah, saya sudah memiliki paspor. Saya menyambut baik dan sangat senang serta antusias atas pemohon paspor yang kami sampaikan melalui keluarga, dan langsung dilayani, sementara saya masih berada di rumah sakit,” kata Irwansyah, salah seorang pemohon paspor yang dilayani saat berada di rumah sakit.

”Saya berterimakasih Kantor Imigrasi Batam petugasnya ramah, memuaskan dan cepat, dan menyenangkan. Saya sebelumnya tidak menduga semuanya berjalan cepat dan lancar,” kata Yuke Eni. Testimoni dari Eni membuktikan bahwa masyarakat yang menerima layanan paspor di kantor imigrasi kelas I Khusu TPI Batam sangat menikmati dan puas dengan pelayanan petugas.

Apresiasi yang sama disampaikan Novita Indriastuti, dari Solo. Dia mengurus paspor di Kantor Imigrasi dan dengan cepat memperoleh paspor sesuai harapan. ”Imigrasi Batam memang sangat memuaskan, pelayanan ramah cepat dan tepat, mudah, dan saya rekomendasikan agar pemohon paspor silahkan mengurus paspor di Imigrasi Batam,” tutur Eni. (*)

Pos terkait