Menatap Politik 2024, Syamsuri Siap Dampingi Asman Abnur ke DPR RI

Politisi PAN Batam, H Syamsuri.
Politisi PAN Batam, H Syamsuri.

Detak News, BATAM – Pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 semakin dekat, sejumlah politisi senior maupun yang baru sudah menentukan langkah politik yang akan dituju, DPRD kabupaten kota, DPRD propinsi atau juga DPR RI.

Salah satunya adalah politisi Partai Amanat Nasional (PAN), H Syamsuri, pria yang aktif di Ikatan Keluarga Besar Sumatera Selatan (IKBSS) Kota Batam ini mengaku sudah punya ancar-ancar sendiri terkait langkah politiknya di tahun 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Kepada media ini, pengusaha sukses di Batam ini menceritakan bahwa dirinya menjadi salah satu kandidat yang ditunjuk partai bakal mendampingi Ketua DPW PAN Provinsi Kepri, Asman Abnur di Caleg DPR RI.

“Partai telah menunjuk sejumlah nama yang akan mensupport Ketua Kami (Asman Abnur, red) ke Pencalegan DPR RI, salah satunya saya,” ungkap Syamsuri, Rabu (26/1/2023) di bilangan Batam Center.

Disampaikan Pengurus PAN Kepri ini, bahwa sebagai petugas partai Ia siap ditempatkan dimana saja, termasuk jika terpilih mendampingi Asman Abnur ke DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Kepri.

“Saya siap mendanpingi pak Asman Abnur ke DPR RI, namun semua tergantung partai saya mau ditempatkan dimana nantinya,” jelas mantan Caleg DPRD Kepri tahun 2019 ini.

Terkait tantangan dan peluang 2024, secara diplomatis Syamsuri mengaku sudah mempunyai gambaran dari pengalaman tahun 2019 lalu. Meski demikian ia mengaku banyak perubahan, terutama dari aktor-aktor yang akan turun ke gelanggang semakin kompetitif.

Menurutnya, dari sisi tantangan masih kokohnya pemain lama ditambah lagi banyaknya pemain baru, akan memberi tantangan tersendiri bagi setiap kandidat, tak terkecuali dirinya sendiri yang mengaku siap terjun kembali ke panggung politik di 2024 mendatang.

“Tantangan bagi setiap Caleg, faktor strategi dan keberuntungan lah yang menentukan,” ujarnya.

Ditanya terkait persiapan, ia mengaku sudah ada persiapan, namun menurutnya semua tergantung penetapan Caleg nantinya. Terlebih menurutnya isu terkait sistem Proporsional Terbuka dan Proporsional Tertutup masih menghantui.

“Sistem pemilihannya juga menjadi bagian yang paling ditunggu, kalau masih proporsional terbuka maka prediksinya banyak yang kembali ke Pileg 2024,” jelasnya.

“2024 sudah dekat, meski masih waiting list tapi persiapan harus terus dilakukan guna mengaman amanah partai,” pungkasnya. (ays)

Pos terkait