Hadiri Acara Tudang Sipulung, Ini Serangkaian Kegiatan KKP Bone Kepri di Tanjungpinang

Rombongan Pengurus KKP Bone Provinsi Kepri saat Ziarah ke makam Daeng Celak di Tanjungpinang. Foto KKP Bone Kepri
Rombongan Pengurus KKP Bone Provinsi Kepri saat Ziarah ke makam Daeng Celak di Tanjungpinang. Foto KKP Bone Kepri

Detak News, TANJUNGPINANG – Rombongan pengurus Kerukunan Keluarga Pemuda Bone (KKP Bone) menghadiri acara Tudang Sipulung yang digagas oleh Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Kepri, Sabtu (21/1/2022) malam di Tanjungpinang.

Seperti kata pepatah “Sekali mendayung 2, 3 pulau terlampaui” kesempatan tersebut dimanfaatkan pengurus KKP Bone Provinsi Kepri melakukan serangkaian kegiatan.

Bacaan Lainnya

Pasca acara, rombongan pengurus KKP Bone melakukan Ziarah ke Makam Daeng Celak dan Daeng Marewa di Hulu Riau, Sei Carang, Senggarang, Tanjungpinang, Minggu (22/1/23).

Dengan menggunakan seragam kebesaran, rombongan tiba di Kawasan Makam pukul 10.20 WIB, yang dipimpin langsung oleh Ketua KKP-Bone Kepri, Khaeruddin, SH.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah, dan sepatunya pemuda sebagai generasi penerus bangsa menghormati leluhurnya, karena itu hari ini kami ziarah ke makam leluhur sebagai wujud penghormatan,” ungkap Khaeruddin di lokasi Makam Daeng Celak.

Tempat pertama yang dikunjungi adalah makam Daeng Marewah Kelana Jaya Putera yang Dipertuan Muda Riau I, dilanjutkan ke makam Daeng Celak Yang Dipertuan Muda Riau II yang tidak jauh dari lokasi pertama. Di tempat ini seluruh pengurus memanjatkan doa bersama.

Daeng Marewah dan Daeng Celak adalah dua orang adik beradik berdarah Bugis yang pernah mengharumkan nama Kesultanan Riau-Lingga-Johor dan Pahang atas keberaniannya mengusir penjajah dari bumi Melayu ini.

Daeng Marewah yang bergelar Kelana Jaya Putera itu, pernah menjabat Yang Dipertuan Muda Riau I 1721-1728. Selanjutnya, urusan pemerintahan dilanjutkan oleh adiknya Daeng Celak Yang Dipertuan Muda Riau II 1728-1745.

Selain penghormatan, ziarah tersebut juga diharapkan mampu membangkitkan spirit para pemuda Bone Kepri dalam mengisi pembangunan Kepri melanjutkan perjuangan leluhurnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua FPSS Kepri, Daeng Yunus menyampaikan rasa bangga ketika pemuda lebih bisa berperan dalam menjaga warisan leluhurnya, salah satunya dengan melakukan Ziarah.

“Mereka yang dimakamkan disini, yang sepanjang hayatnya telah mendarmabaktikan hidupnya untuk kita semua, memberikan kontribusi membangun kebesaran Melayu, Kerajaan Riau-Lingga-Johor dan Pahang, khususnya mewujudkan persebatian Melayu Bugis,” terangnya.

Dalam rangkaian agenda Tudang Sipulung itu, Pemuda Bone Kepri juga melakukan Road Show Silaturahmi dengan Pemuda Bone yang ada di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Agenda silaturahmi tersebut sebagai wujud Konsolidasi Kepengurusan KKP-Bone Provinsi Kepri pasca pelantikan akhir November 2022 lalu.

Menariknya, konsolidasi yang digelar di atas Rumah terapung tepatnya di titik yang sangat bersejarah yaitu Hulu Riau, Sungai Carang, berlangsung sangat meriah penuh dengan kekeluargaan, dan antusias dari puluhan pemuda dari kota Tanjungpinang begitu juga dari Bintang, diantaranya Zainal dan Abdul Rauf Rahim dari Kota Tanjungpinang dan dari Kota Bintan, hadir Ahmad Yani beserta rombongan.

“Alhamdulillah pertemuan silaturahmi ini menyepakati segera membentuk kepengurusan KKP-Bone di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan,” ungkap Sekertaris KKP-Bone Kepri,
Suriyadi.

Menurutnya, antusias Pemuda Bone dari Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan hari itu menjadi sebuah keyakinan bagi KKP Bone Kepri bahwa mereka mampu merampungkan susunan kepengurusan ebih cepat Selesai dari target mandat yang di berikan.

“Kami optimis teman-teman bisa merampungkan struktur kepengurusan jauh lebih cepat dari waktu yang diberikan KKP Bone Kepri,” pungkasnya. (ays)

 

Pos terkait