Resmikan Gedung Baru SMAN 24 Batam, Ansar: Upaya Tingkatkan IPM Kepri

Detak News, BATAM – Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kepri, Andi Agung meresmikan Gedung Baru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 24 di Tanjung Riau Sekupang, Rabu (18/1/2023) siang.

Gedung baru yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022 tersebut, terdiri dari 4 unit Ruang Kelas Baru (RKB), 2 unit Ruang Laboratorium, 1 unit ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), 1 ruang Tata Usaha (TU) dan 2 Rumah Dinas Guru.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah pembangunan gedung berjalan lancar dan sesuai rencana kita semua, ini berkat kerjasama kita semua,” ungkap Gubernur Ansar Ahmad ke awak media usai peresmian.

Disampaikan bahwa Pemprov Kepri terus berupaya melakukan penambahan RKB SMA sederajat di Batam dan 7 kabupaten kota lainnya, salah satu sebagai upaya untuk mengurangi polemik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang tiap tahun bermasalah.

Karenanya, di tahun 2022 Pemprov Kepri melalui Disdik membangun 147 RKB di 7 kabupaten kota di Provinsi Kepri, dan 116 berada di kota Batam.

“Porsi terbesar kita bangun di Batam, karena memang ini kebutuhan,” terangnya.

Namun demikian, lanjutnya, yang terpenting dari semua itu pembangunan sekolah adalah bagian terpenting dari upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepri.

Karena dalam pembangunan IPM itu adalah 3 komponen penting, salah satunya adalah pendidikan, kemudian kesehatan dan penyediaan lapangan kerja.

Ditempat yang sama, Kadisdik Kepri, Andi Agung mengatakan bahwa tahun 2022 Pemprov Kepri melakukan kegiatan fisik di 18 sekolah menengah atas sederajat, masing-masing 5 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 13 Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Yang patut disyukuri pembangunan 18 SMA sederajat ini berjalan lancar sampai selesai, tidak ada yang putus kontrak apalagi mangkrak,” terang Mantan Sekdisdik Kota Batam ini.

Khusus bangunan baru di SMAN 24 Batam, lanjutnya, pembangunan gedung menelan anggaran sebesar Rp 3,3 miliar yang terdiri dari 4 RKB, 1 ruang TU, 1 ruang Laboratorium Biologi, 1 ruang Laboratorium Fisika, 1 ruang UKS dan 2 rumah dinas guru.

Masih ditempat yang sama, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 24 Batam, Anita Sukma mengatakan dengan penambahan 4 RKB tersebut mereka memiliki 17 rombel dengan total siswa 666 orang.

“Kami sangat terbantu, tapi masih kurang 4 rombel lagi, karena ada dua rombel masih berlangsung di ruang Laboratorium,” ungkap Kepsek. (ays)

Pos terkait