Hadiri Pembentukan Perwakilan Luar Negri Garpu, Ini Kata Ketua Garpu Kepri

Detak News, MALAYSIA – Partai NasDem Malaysia menggelar rapat konsolidasi pembentukan Perwakilan Luar Negeri GARPU (Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM), di Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (4/1/2023) malam.

Rapat konsolidasi ini, dihadiri langsung Ketua Umum DPP GARPU Pietra M. Paloh didampingi Sekretaris Jenderal Husendro S.H.,M.H dan sejumlah pengurus DPP GARPU.

Bacaan Lainnya

Juga turut membersamai kegiatan ini Ketua NasDem Malaysia Tengku Adnan, Ketua DPW Kepri Muhammadong dan sekretaris Dewi Socowati, dan pengurus lainnya.

Ketua Umum GARPU Pietra M Paloh dalam sambutannya menceritakan latar belakang mendirikan organisasi yang ia pimpin ini.

“GARPU ini didirikan atas dasar empati terhadap kaum yang termarjinalkan. Di GARPU ini, kita harus menganggap mereka itu sebagai seorang saudara. Dengan hadirnya GARPU ini, semoga timbul kenyamanan bagi para pelaku UMKM. Agar nantinya, mereka ada quality time untuk keluarga,” kata Pietra.

Pietra kemudian melanjutkan, urusan politik adalah hal yang kesekian di GARPU.

“Urusan politik itu urusan keseribu, urusan perut mereka (para pedagang UMKM -red) adalah yang nomor satu,” tegas dia lagi.

GARPU, lanjut Pietra, saat ini sudah ada di 29 Provinsi di Indonesia. Dan untuk perwakilan luar negeri yang pertama adalah Arab Saudi.

“Malaysia ini yang kedua. Dan seharusnya nanti, Malaysia ini menjadi tolak ukur karena letak geografisnya yang dekat dan antara Indonesia-Malaysia itu serumpun,” ujar Pietra M. Paloh.

Sementara itu, Ketua NasDem Malaysia Tengku Adnan mengungkap, jumlah penduduk Indonesia yang ada di Malaysia berjumlah jutaan orang dengan beragam latar belakang pekerjaan.

“Malaysia ini istimewa karena besarnya jumlah WNI di Malaysia. Tersiar kabar, ada sekitar 3 hingga 4 jutaan disini. Mereka berlatar belakang banyak profesi dan kebanyakan juga yang menjadi pedagang. Banyak dari mereka yang sukses berdagang disini,” jelas Adnan.

Ia pun mengatakan rasa bangganya lantaran kegiatan yang hanya bertajuk rapat konsolidasi ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum dan Sekjen GARPU.

Di tempat yang sama, Mirwan, Ketua BP GARPU Malaysia, menyampaikan harapannya dengan hadirnya GARPU di Malaysia.

“Semoga dengan adanya GARPU, dapat memaksimalkan potensi WNI yang di Malaysia ini dan meningkatkan taraf ekonomi para PMI,” harap dia.

Ketua DPW Kepri, Muhammadong mengaku bangga bisa hadir langsung di konsolidasi pembentukan Perwakilan Luar Negri Garpu, sehingga kedepan bisa membangun silaturahmi bilateral.

“Banyak masyarakat kita di Malaysia, kedepan kita bisa merancang kerjasama sesama tetangga,” ungkap Muhammadong.

Ia menjelaskan, bahwa sudah saatnya pemuda digerakkan menjadi pelaku usaha, sehingga tidak hanya berorientasi sebagai pekerja.

“Tidak selamanya jadi pekerja di luar negeri, tapi kita harus mengarahkan dia jadi pengusaha UMKM,” terang pria asal Sulawesi Selatan ini.

Rapat konsolidasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antar pengurus DPP GARPU dengan para pengurus GARPU Malaysia. (dbs)

Pos terkait