Gerak Cepat PAN, Buka Pendaftaran Bacaleg DPRD Batam

Ketua DPD PAN Kota Batam, Safari Ramadhan SPDI menyerahkan SK KPPD DPD PAN Kota Batam kepada Muhammad Faizal Ola S.Sos sebagai panduan melakukan tugas penerimaan dan verifikasi Bacaleg DPRD Kota Batam. foto rete
Ketua DPD PAN Kota Batam, Safari Ramadhan SPDI menyerahkan SK KPPD DPD PAN Kota Batam kepada Muhammad Faizal Ola S.Sos sebagai panduan melakukan tugas penerimaan dan verifikasi Bacaleg DPRD Kota Batam. foto rete

Detak News, BATAM – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Batam melalui Komite Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) DPD PAN Batam membuka pendaftaran penerimaan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Batam untuk periode 2024-2029.

Ketua KPPD DPD PAN Kota Batam, Muhammad Faizal Ola S.Sos mengatakan bahwa pembukaan penjaring Bacaleg akan dimulai pada Senin (12/12/2022) pada setiap jam kerja, yang dilakukan di Sekretariat DPD PAN Kota Batam di Ruko Imperium atau di belakang kantor pembayaran PLN.

Bacaan Lainnya

“Pembukaan pendaftaran Bacaleg untuk DPRD Batam kita mulai besok, Senin, 12 Desember 2022,” ungkap tokoh Senior PAN ini ditemui di salah satu hotel ternama di Batam Center, Minggu (11/12/2022).

“Kami gerak cepat, agar teman-teman punya waktu yang banyak untuk mempersiapkan diri menuju tahun politik 2024,” terang politisi senior Kota Batam ini.

Lebih menariknya lagi, penjaringan Bacaleg ini terbuka untuk semua pihak, bukan hanya untuk kader dan simpatisan Partai berlambang matahari terbit tetapi berlaku untuk masyarakat di luar partai.

“Kami (PAN, red) membuka diri seluas-luasnya buat masyarakat Kota Batam yang ingin mengembangkan diri di bidang politik,” terang pria yang akrab disapa Bung Faizal ini.

Dijelaskan secara teknis, bahwa proses pendaftaran ini sangatlah mudah, dimana Bacaleg datang mengambil formulir, kemudian melengkapi seluruh persyaratan yang tertera secara jelas di formulir, lalu kemudian mengembalikan.

Termasuk menurutnya para Bacaleg yang sudah mendaftar secara online agar kiranya datang ke sekretariat untuk mengambil formulir, lalu mengembalikan formulir beserta persyaratannya.

“Seluruh persyaratan ada di formulir, tidak persyaratan yang nyeleneh apalagi mempersulit teman-teman untuk ikut bergabung sebagai Caleg,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris KPPD DPD PAN Kota Batam, Leo Anggra Syaputra SH mengatakan bahwa pembukaan pendaftaran Bacaleg ini merupakan perintah partai guna merespon animo politik masyarakat menuju 2024.

Sebagai panitia yang ditunjuk, lanjutnya, berbagai persiapan sudah dilakukan diantaranya kesiapan staf sekretariat dan kesiapan formulir untuk masyarakat yang berminat mengaktualisasikan diri melalui PAN.

“Kami siap menyambut teman-teman semua, silahkan datang dan ambil formulirnya sebagai bentuk keseriusan,” ungkapnya.

Dijelaskan bahwa keberadaan KPPD DPD PAN Kota Batam adalah panitia khusus yang dibentuk oleh PAN yang diberikan tugas menerima pendaftaran Bacaleg, memverifikasi, kemudian membawa ke DPD untuk diplenokan, baru kemudian DPD mendaftarkan nama-nama Bacaleg ke KPU.

Tugas lainnya, yakni merekrut saksi, memberi pelatihan saksi dan memonitoring kegiatan Caleg. (ays)

Pos terkait