Kenang Jasa Leluhur, Jefridin Ziarah ke Makam Kerajaan Bone ke-15

Sekda Batam, Jefridin Hamid Ziarah ke Makam Kerajaan Bone ke-15. Foto Jef
Sekda Batam, Jefridin Hamid Ziarah ke Makam Kerajaan Bone ke-15. Foto Jef

Detak News, BONE – Usai mengikuti rangkaian kegiatan Rakernis Apeksi 2022, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid menyempatkan diri untuk mengunjungi makam leluhur Kerajaan Bone di Makasar.

Pertama yang dikunjungi, Ziarah ke Makam Raja Bone Arung Palakka yang merupakan Sultan Bone yang menjabat pada tahun 1672-1696. Jefridin yang juga berdarah Bugis, ikut memanjatkan doa-doa yang diperuntukkan para leluhur kerajaan Bone.

Bacaan Lainnya

“Ziarah kita lakukan untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan Bone atas baktinya terhadap eksistensi Tanah Bone di masa lalu,” katanya, Selasa (8/11).

Disela-sela kunjungan Jefridin mengelilingi komplek pemakaman dan tampak berbincang dengan juru kunci makam tersebut.

Kemudian, Ia melanjutkan ziarah makam Sultan Hasanuddin yang berada di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Syekh Yusuf tokoh ulama besar Makasar terletak Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba.

Dilanjutkan mengunjungi makam pahlawan Nasional yaitu Pangeran Diponegoro. Makam yang terletak di Kelurahan Melayu Kecamatan Wajo, komplek makam dibangun dengan bangunan khas Jawa disangga empat pilar. Bersanding dengan Istri R.A. Ratu Ratna Ningsih yang wafat 1865.

Sepanjang Rakernis APEKSI di Makasar, Jefridin mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan, termasuk ikut mempromosikan potensi yang ada di Batam. “Semoga membawa berkah bagi Kota Batam,” ujarnya. (dbs)

Pos terkait