Akbar Tandjung Nyatakan Dukungan ke Anies, Ini Kata Pengamat Politik

Politisi senior Partai Golkar, Akbar Tanjung menyatakan dukungan secara terbuka ke Anis Baswedan. Akbar bersama sejumlah kader Golkar. foto internet
Politisi senior Partai Golkar, Akbar Tanjung menyatakan dukungan secara terbuka ke Anis Baswedan. Akbar bersama sejumlah kader Golkar. foto internet

Detak News, JAKARTA — Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar, Akbar Tanjung menyatakan dukungan secara terbuka ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menilai bahwa pernyataan politisi senior Partai Golkar tersebut dapat menggoyahkan soliditas di internal Golkar.

Bacaan Lainnya

“Ada dua penyebabnya. Pertama, Akbar Tanjung masih menjadi tokoh sentral di Golkar. Pengaruhnya masih sangat kuat di akar rumput Golkar. Karena itu, dukungan Akbar kepada Anies setidaknya akan memecah suara dukungan di internal Golkar,” kata Jamiluddin, Kamis (6/10) dikutip dari republika.co.id.

Kedua, lanjutnya, sebagian internal Golkar bisa saja tidak lagi mendukung Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto menjadi Calon Presiden (Capres). Karena menurutnya, pernyataan Akbar tersebut bisa saja akan mengembosi Airlangga agar dianulir menjadi Capres dari Golkar.

Apalagi menurutnya, elektabilitas Airlangga tak kunjung meningkat. Dengan elektabilitas saat ini menurutnya wajar bila sebagian kader Golkar pesimis bila Airlangga dipaksakan menjadi capres.

Kesempatan tersebut, menurutnya bisa saja dimanfaatkan pendukung Akbar untuk menganulir Airlangga menjadi capres dari partainya. Sehingga menurutnya bisa saja mendorong Rapimnas kembali untuk memutuskan capres lain selain Airlangga.

Yang fatalnya lagi, dukungan Akbar bisa berdampak pada koalisi KIB. Sehingga PAN dan PPP bisa saja meragukan Airlangga karena adanya keraguan dari internal sendiri.

Jamiluddin juga memprediksi hal yang sama juga akan menimpa PAN dan PPP, dimana akar rumput di dua partai tersebut juga banyak yang menginginkan Anies menjadi capres. (dbs)

Berita disadur dari republika.co.id

Editor: ayunus

Pos terkait