Pelaku Copet di Pasar Tos 3000 Tumbang di Tangan Unit Reskrim Lubuk Baja

Unit Reskrim Lubuk Baja dan Humas Polresta Barelang memberikan penjelasan terkait knologis pencurian ke awak media. foto berry
Unit Reskrim Lubuk Baja dan Humas Polresta Barelang memberikan penjelasan terkait knologis pencurian ke awak media. foto berry

Detak News, BATAM – Unit Reskrim Polisi Sektor (Polsek) Lubuk Baja yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja Iptu Thetio Nardiyanto SH berhasil melakukan penangkapan terhadap satu orang laki-laki dewasa terkait dugaan tindak pidana pencurian yang terjadi pada Kamis (28/07/2022)  sekira pukul 09.30 WIB, di Pasar Tos 3000 Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam.

Hal ini disampaikan oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Lubuk Baja, AKP Budi Hartono saat melakukan konferensi pers di Mapolsek Lubuk Baja pada Rabu (10/8/2022) sore.

Bacaan Lainnya

Kejadian berawal pada Kamis tanggal 28 Juli 2022 sekira pukul 09.30 Wib pelapor saat itu berada di Pasar Tos 3000 untuk membeli baju lalu. pada saat pelapor bersama pelapor berjalan sambil melihat-lihat baju, tiba-tiba datang ada 1 (satu) orang laki-laki dengan menggunakan baju berwarna biru yang merupakan pelaku dari dugaan tindak pidana pencurian memegang kaki sebelah kanan pelapor kemudian pelapor pun menolehkan kepala pelapor dan melihat kearah kanan bawah pelapor terdapat 1 (satu) buah kunci.

Ketika pelapor hendak mengambil kunci tersebut kemudian pelaku yang tadi memegang kaki kanan pelapor mengatakan “KUNCI SAYA” lalu pelapor membiarkan kunci tersebut diambil oleh pelaku setelah pelaku mengambil kunci tersebut pelakupun pergi ke arah belakang pelapor.

Tak lama setelah pelaku pergi meninggalkan pelapor, pelapor pun hendak mengambil 1 (satu) unit handphone jenis Oppo CPH2173 berwarna biru yang sebelumnya berada di saku celana sebelah kiri akan tetapi 1 (satu) unit handphone yang awalnya pelapor simpan disaku celana pelapor sudah tidak ada lagi (hilang).

Setelah mendapatkan laporan tersebut, selanjutnya Tim Opsnal yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja melakukan serangkaian tindakan penyelidikan guna mendapatkan bukti permulaan yang cukup untuk melakukan penangkapan terhadap tersangka.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari sumber yang akurat dan juga keterangan saksi pada saat di TKP, tim berhasil mengantongi identitas terduga pelaku. Selanjutnya tim melakukan pembuntutan dan berhasil melakukan penangkapan seorang laki-laki yang mengaku bernama Badri Alexwon Als Edo Bin Alm Abas.

Setelah tersangka berhasil diamankan, selanjutnya dibawa ke Polsek Lubuk Baja untuk penyidikan lebih lanjut.

Adapun barang buktinya adalah; 1 (satu) buah kunci kamar kos pelaku, 1 (satu) unit handphone merk OPPO CPH2173 (DPB).

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH melalui Kapolsek Lubuk baja Kompol Budi hartono, SIK,MM membenarkan bahwa telah mengamankan tersangka.

Tersangka sebelumnya merupakan residivis TP. Pencurian (Spesialis Copet) yang selalu beraksi di wilayah Pasar Tos 3000 Kecamatan Lubuk Baja. Atas Perbuatannya pelaku di jerat dengan Pasal 363 Ayat (1) Ke – 4e K.U.H.Pidana. dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 (Tujuh) Tahun.(ea)

Pos terkait