Buka MTQ IX Provinsi Kepri, Gubernur Ajak Masyarakat Pedomani Alquran

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama segenap tamu VIP dan tuan rumah memukul kompang secara bersama-sama menandai pembukaan MTQ Provinsi Kepri di Anambas. foto pemprov Kepri
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama segenap tamu VIP dan tuan rumah memukul kompang secara bersama-sama menandai pembukaan MTQ Provinsi Kepri di Anambas. foto pemprov Kepri

Detak News, ANAMBAS – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad membuka secara langsung Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX Provinsi Kepulauan Riau di Masjid Agung Baitul Ma’mur, Tarempa, Anambas, Kamis (14/7).

Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan kompang oleh Gubernur Ansar dan para Kepala Daerah Kabupaten/Kota serta jajaran Forkompimda Kepri.

Bacaan Lainnya
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyerahkan piala bergilir MTQ Kepri kepada tuan rumah untuk dipertandingkan.  foto pemprov kepri
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyerahkan piala bergilir MTQ Kepri kepada tuan rumah untuk dipertandingkan. foto pemprov kepri

MTQ ke-IX Provinsi Kepulauan Riau tahun 2022 ini mengusung tema “Membangun Generasi Qurani Menuju Masyarakat Sehat, Ekonomi Kuat, Makmur, Berdaya Saing, dan Berbudaya”. Dengan tema tersebut, diharapkan perhelatan MTQ bisa sejalan dengan visi Provinsi Kepri yang diusung Gubernur Ansar dan Wakil Gubernur Marlin Agustina.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengatakan Al Qur’an merupakan Kalamullah, yang berisi pesan-pesan Allah kepada umat manusia. Dengan Al Qur’an kita bisa mengetahui mana yang haq dan mana yang batil. Dengan Al Qur’an juga kita bisa mengetahui jalan kehidupan yang benar. Oleh karena itu, kita jadikan Al Qur’an dan seluruh sistem ajarannya menjadi sumber utama pembentukan akhlak mulia bagi manusia.

“Kita berharap dengan pelaksanaan kegiatan MTQ IX Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 12022 ini dapat memperkuat jati diri dan karakter masyarakat Provinsi Kepulauan Riau,” kata Gubernur Ansar.

Tantangan ke depan yang kita hadapi salah satu permasalahannya ialah bagaimana mempersiapkan generasi bangsa dan umat yang lebih tangguh, kompetitif dan lebih produktif, yakni generasi yang hidup dibawah bayang-bayang A-Qur’an. Generasi mendatang pasti akan hidup di dalam lingkungan sosial budaya yang amat berbeda dengan sekarang.

“Mempersiapkan generasi umat masa depan merupakan suatu keniscayaan. Sudah saatnya kita memikirkan peta jalan generasi seperti apa yang akan kita harapkan di masa depan,” ucap Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar berharap melalui MTQ Ke-IX ini dapat melahirkan Qari-Qari’ah dan Hafizh-Hafizhah, Mufassirah dengan prestasi yang lebih unggul dan berkualitas, sehingga dapat menjadi duta Provinsi Kepulauan Riau pada MTQ XXIX Tingkat Nasional Tahun 2022 yang akan diselenggarakan di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

“Karena itu saya mengajak segenap masyarakat untuk mensukseskan penyelenggaraan MTQ IX
Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2022 ini,” ujar Gubernur Ansar.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan masyarakat Anambas sangat bersyukur atas digelarnya MTQ ke-IX Provinsi Kepri di rumah mereka sendiri. Kehadiran kafilah dari seluruh Kepri tentunya membawa berkah tersendiri karena bisa mengenalkan pariwisata di Anambas dan bisa menggerakkan perekonomian di Anambas.

“Kami disini sangat menunggu adanya even-even besar diadakan di Kabupaten Kepulauan Anambas, saya berharap bapak gubernur mau lebih banyak lagi menggelar even-even besar di Anambas,” kata Abdul Haris.

Adapun cabang yang diperlombakan dalam MTQ ke-IX Provinsi Kepri yaitu Cabang Seni Baca Al-Qur’an Gol. Tilawah Anak-Anak Remaja dan Dewasa, Cabang Seni Baca Al-Qur’an Gol. Tartil Anak-anak dan Gol. Tilawah Tuna Netra, Cabang Qira’at Al-Qur’an Gol. Qira’at Mujawwad Dewasa, Qira’at Muratal Remaja dan Dewasa, Cabang Hafalan Al-Qur’an Gol. 1 Juz dengan Tilawah dan Gol. 5 Jus dengan Tilawah.

Selanjutnya diperlombakan juga Cabang Hafalan Al-Qur’an 10 Juz dan 20 Juz, Cabang Hafalan Al-Qur’an Gol. 30 Juz, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahm Al-Qur’an, Cabang Syarh Al-Qur’an, Cabang Khat Al-Qur’an, Cabang Karya Tulis Al-Qur’an.

Dalam pembukaan tersebut, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyerahkan piala bergilir sebagai juara umum MTQ sebelumnya ke Gubernur Ansar, untuk kemudian Piala tersebut akan diperebutkan setiap kafilah untuk menjadi juara umum pada MTQ ke-IX kali ini.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut tersebut Bupati Natuna Wan Siswandi, Bupati Lingga M. Nizar, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, dan Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdullah, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, dan Ketua Dewan Hakim Nasional Prof. Dr. KH. Said Agil Munawar, Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Ketua DWP Provinsi Kepri Hj. Nong Rohaiza Adi Prihantara, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepri M. Darwin, Staf Khusus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan dan Nazaruddin. (jlu)

Pos terkait